SOLOPOS.COM - Pesawat Batik Air di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (14/2/2019). (Bisnis-Nurul Hidayat)

Solopos.com, JAKARTA — Pesawat milik maskapai penerbangan Batik Air rute Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah (SRG) ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta di Tangerang (CGK) terpaksa kembali ke bandar udara asal alias return to base/RTB. Padahal pesawat Air itu telah lepas landas dari Bandara Ahmad Yani Semarang dan mengudara selama 15 menit.

Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan sesuai dengan standar operasional prosedur, pengecekan pesawat sebelum keberangkatan (pre flgiht check) tetap dijalankan secara menyeluruh berdasarkan Company Maintenance Manual oleh teknisi. Setelah hasil pengecekan pada pesawat pesawat dinyatakan laik terbang dan beroperasi (airworthy for flight).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hingga akhirnya, seluruh proses penanganan di darat selesai, Batik Air lepas landas dengan jadwal keberangkatan dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani pada 14.15 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) dan diperkirakan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 15.15 WIB.

Baca Juga: Peluang Bisnis Tanaman Hias di Mal Terbuka

Ternyata setelah 15 menit mengudara pilot menemukan salah satu indikator pada kokpit yang menunjukkan komponen tertentu tidak dalam posisi yang seharusnya sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kembali di darat.

“Pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal dan komunikasi dengan petugas lalu lintas udara, dikarenakan ada salah satu indikator pada kokpit yang menunjukkan komponen tertentu tidak dalam posisi yang seharusnya sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kembali di darat. Keputusan pilot ini sesuai standar prosedur keselamatan udara,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (28/3/2021).

Cuaca Buruk

Sebelum mendarat, pesawat melakukan putaran (holding) dikarenakan cuaca buruk dengan jarak pandang pendek, yang tidak memenuhi kualifikasi keselamatan untuk pesawat mendarat atau lepas landas. Setelah jarak pandang dinyatakan aman dan mendapatkan izin mendarat dari pengatur lalu lintas udara, Batik Air penerbangan ID-6355 mendarat pukul 15.00 WIB.

Pesawat saat ini sudah berada di landas parkir (apron) bandar udara.

Baca Juga: Waspada, 12 Zodiak Kerap Keliru Asuh Anak!

Seluruh tamu diarahkan dan dibawa ke ruang tunggu guna mendapatkan informasi dan layanan lebih lanjut. “Batik Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh tamu yang terganggu perjalanannya atas ketidaknyamanan yang timbul dari penerbangan ID-6355,” ujar Danang.

Batik Air telah menyampaikan informasi sesuai perkembangan terkini dan tengah mempersiapkan kompensasi keterlambatan keberangkatan (delay management) berdasarkan ketentuan yang berlaku. Pilihan layanan yang juga diberikan kepada tamu atau sesuai permintaan tamu penerbangan ID-6355, antara lain perubahan jadwal keberangkatan (reschedule), pengembalian dana dari tiket (refund).

Batik Air berkomitmen meminimalisasi dampak yang timbul, agar penerbangan Batik Air lainnya tidak terganggu.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya