SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi Gunung Ijen (JIBI/Antara)

JOGJA—Kondisi Gunung Ijen berdasarkan data Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi terus menunjukkan aktivitas dinamis. Warga diimbau tidak beraktivitas di radius 1,5 kilometer dari kawah Ijen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala PVMBG, Surono dalam kepada Harian Jogja menjelaskan, berdasarkan pengamatan terjadi gempa vulkanik dangkal dua kali, gempa tremor satu kali dengan frekuensi dominan 1 Hz selama 34detik.

Selain itu juga terjadi satu kali gempa tektonik jauh dan tremor menerus dengan amplitudo 0,5-2 milimeter, dominan dua milimeter. Adapun kondisi visual cerah dan terang. Aktivitas lainnya adalah terjadi penurunan energi tremor yang ditengarai dengan penurunan amplitudo. Yakni dari semula rata rata 15 mm pada 20 Maret 2013 menjadi 2 mm saat ini.

Terkait kondisi ini, PVMB mengimbau warga di sekitar Gunung Ijen tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan sumbernya.

“Tetap tenang jangan terpancing isu. Masyarakat tetap harus mengikuti arahan Pemda,” ujar Mbah Rono, sapaan akrab Surono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya