SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Harianjogja.com, BANTUL- 15 Kepala Keluarga (KK) asal Bantul bertransmigrasi ke Kalimantan Tengah. Para transmigran diminta tak pulang ke daerah asal sebelum berhasil.

Pelepasan 15 KK calon transmigran tersebut dilaksanakan Kamis (14/11/2013) siang. Mereka berasal dari Kecamatan Pundong, Kretek, Sanden, Pajangan, Pandak, Dlingo, Bambanglipuro dan Kecamatan Bantul.
Sebanyak 49 orang tersebut bakal menjadi warga baru Desa Telang Siong, Paju Epat, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Bantul, Suyoto saat membacakan sambutan Bupati yang berhalangan hadir mengatakan, warga calon transmigran harus betah di lokasi yang baru.

Ia berharap mereka tidak ingin pulang ke Bantul selama belum berhasil. “Pulang kalau sudah benar-benar berhasil, itu pun hanya menengok sanak keluarga,” ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul Didik Warsito mengatakan, para calon transmigran mendapat pelatihan mengenai intensifikasi lahan pekarangan, kewirausahaan, budidaya tanaman perkebunan dan pelatihan budidaya tanaman pangan. Pelatihan tersebut sebagai bekal mereka agar dapat beradaptasi bekerja di tempat tinggal yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya