SOLOPOS.COM - Pekerja penyelamat mencari korban di bangunan ambruk akibat gempa bumi di Elazig, Turki, Jumat (24/1/2020). (Antara-Reuters)

Solopos.com, ANKARA -- Tiga warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Elazig-- 750 kilometer dari Ankara -- dilaporkan selamat pascagempa bumi yang mengguncang Turki, Jumat (24/1/2020) malam.

Satu mahasiswa Indonesia dan dua WNI yang menikah dengan warga Turki yang berada di area terdampak gempa Turki itu telah berhasil dikontak oleh Satgas Perlindungan WNI KBRI Ankara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"KBRI Ankara terus memantau perkembangan dan berkoordinasi dengan otoritas terkait setempat," ujar Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal melalui keterangan tertulis, Sabtu (25/1/2020).

Ekspedisi Mudik 2024

Gempa bumi bermagnitudo 6,8 terjadi di kedalaman sekitar 6,7 kilometer di wilayah Elazig, wilayah Timur Turki dekat perbatasan dengan Armenia, Irak, Suriah, dan Iran pada Jumat pukul 20.55 waktu setempat.

Getaran berlangsung sekitar 15 detik dan menghancurkan sebagian gedung di sekitar pusat gempa.

Korban Jiwa Akibat Virus Corona di China Bertambah Jadi 41 Orang

Menurut keterangan resmi otoritas bencana Turki (AFAD), gempa bumi itu menewaskan sedikitnya 18 orang dan melukai 553 lainnya. Hingga kini, otoritas Turki melakukan penanganan terpadu sebagai respons atas bencana tersebut.

Diperkirakan terdapat sekitar 3.300 WNI di Turki. Sebagian besar adalah mahasiswa/pelajar dan spa therapist yang bekerja untuk industri pariwisata Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya