SOLOPOS.COM - Anggota Panwascam Kota Solo yang bertugas di Pemilu 2024 mengikuti evaluasi kinerja di SMA Batik 1 Solo, Minggu (28/4/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solo mengevaluasi kinerja panitia pengawas tingkat kecamatan (Panwascam), Minggu (28/4/2024).

Panwascam yang dievaluasi berjumlah 15 orang adalah yang telah menjalankan tugasnya pada Pemilu 2024. Evaluasi yang dilakukan secara online dan serentak di kabupaten/kota se Jawa Tengah (Jateng) itu merupakan upaya membentuk Panwascam.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com, evaluasi dilakukan di SMA Batik 1 Solo sesuai SK Bawaslu Nomor 193/HK.01.01/K1/042024 tentang Juknis Penilaian Kinerja Panwaslu Existing dalam Rangka Rekrutmen Panwaslu Kecamatan Pilkada 2024.

Di situ diatur mekanisme pembentukan Panwascam menggunakan mekanisme evaluasi kinerja dan evaluasi atasan langsung, kepada Panwascam yang bekerja di Pemilu 2024. Di Solo ada 15 Panwascam existing, yaitu tiga orang per kecamatan.

Ketua Bawaslu Solo, Budi Wahyono, menjelaskan ada dua mekanisme penilaian, yaitu penilaian kinerja melalui portofolio, serta penilaian atasan langsung. Masing-masing penilaian tersebut memiliki bobot berturut-turut 40 persen dan 60 persen.

“Setelah peserta existing menjalani tes, kami berlima [komisioner Bawaslu Solo] mengadakan pleno untuk memberikan penilaian terhadap portofolio kinerja [Panwascam] dan bukti-bukti pendukung yang telah disampaikan peserta,” ujar Budi Wahyono.

Dia menjelaskan selanjutnya hasil pleno akan dikonsultasikan kepada Bawaslu Jateng sebelum diumumkan kepada publik. Sesuai Pedoman Pelaksanaan Pembentukan Panwascam untuk Pemilihan 2024, pembentukan Panwascam dalam dua mekanisme.

Mekanisme pertama evaluasi, dan mekanisme berikutnya perekrutan baru. Hal itu sesuai SK Bawaslu RI Nomor 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024. Perekrutan baru dilakukan bila terdapat Panwascam existing yang tidak lolos dalam tahap evaluasi tersebut.

Guna mengisi kekosongan jabatan, selanjutnya Bawaslu Solo melakukan perekrutan Panwascam sesuai kebutuhan di kecamatan. Hasil evaluasi akan diterapkan dan diumumkan melalui website Bawaslu Solo dan Kantor Bawaslu Solo.

Pengumuman dilakukan pada 2 Mei 2024. “Prosedur awal sudah kami lakukan, selanjutnya kami tunggu hasil evaluasi kinerja existing. Tidak menutup kemungkinan kami buka rekrutmen baru, jika anggota existing tak lolos,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya