15.600 Dosis Vaksin Covid-19 Didistribusikan Via 25 Puskesmas di Sragen

Sebanyak 15.600 dosis vaksin Covid-19 dibagikan ke 25 puskesmas di Sragen dan sisanya yakni 3.400 dosis untuk buffer stock atau stok pengaman.

 Ilustrasi vaksinasi Covid-19 (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 15.600 dosis vaksin Covid-19 didistribusikan ke desa/kelurahan lewat 25 puskesmas yang menyebar di 20 kecamatan di Sragen. Sisanya sebanyak 3.400 dosis vaksin menjadi stok pengaman bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Penjelasan itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen, dr. Hargiyanto, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (1/8/2021) sore. Hargiyanto menyampaikan stok vaksin yang tersedia jenis astrazeneca sebanyak 19.000 dosis.

Dia mengatakan sebanyak 15.600 dosis di antaranya dibagikan ke 25 puskesmas dan sisanya untuk buffer stock atau stok pengaman bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Baca juga: Kisah Pilu Azalea, Bayi 9 Bulan asal Sragen yang Harus BAB Lewat Perut

“Sistem pembagian vaksin itu tidak kemudian dibagi rata per desa sama tetapi disesuaikan dengan kebutuhan. Biarlah puskesmas yang nantinya bisa berkoordinasi dengan desa dalam penyuntikan vaksin. Para petugas vaksinator di puskesmas itu tidak hanya menyuntikkan dosis pertama tetapi juga menyuntikkan dosis kedua. Jadi pengaturan vaksinasi nantinya ada di puskesmas masing-masing,” ujarnya.

Dia menjelaskan pada pekan lalu sudah ada vaksinasi ke desa-desa dengan capaian vaksinasi rendah dan langsung dipantau Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Harus Habis dalam 10 Hari

Dia mengatakan bagi desa yang pekan kemarin sudah mendapatkan alokasi vaksin maka pada pekan ini bisa dialihkan ke desa lain yang cakupan vaksinasinya lebih rendah.

Baca juga: Warga di Masaran Sragen Kenakan Jas Hujan Saat Memandikan & Memakamkan Jenazah, Biar Aman

“Prinsip targetkan 19.000 dosis vaksin itu harus habis dalam 10 hari. Kalau masih kurang tetap dimintakan lagi ke pemerintah pusat dan provinsi. Antara puskesmas satu dengan puskesmas lain memiliki jadwal penyuntikan yang berbeda-beda,” katanya.

Hargiyanto mengatakan capaian vaksinasi hingga Minggu (1/8/2021) sebanyak 85.897 orang untuk dosis pertama dan 56.779 orang untuk dosis kedua.

Total warga yang sudah divaksin, kata dia, sebanyak 142.676 orang atau 14,60% dari jumlah penduduk Sragen 976.951 jiwa berdasarkan hasil Sensus Penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) 2020.

Baca juga: Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Sementara perkembangan kasus baru pada Minggu sore, sebut Hargiyanto, relatif rendah, yakni 25 kasus baru dan dua orang meninggal dunia. Padahal pada Sabtu lalu, angka kasus baru menyampai 157 orang dan sebanyak tujuh orang meninggal dunia.

Dia menyampaikan data jumlah pasien yang sembuh mencapai 92 orang. Hingga awal Agustus ini angka kesembuhan berada di 87,69% dan angka kematian 4,8%.

Berita Terkait

Espos Premium

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Kemarin Delta Bikin Heboh, Sekarang Covid-19 Ada Varian Mu, Harus Bagaimana?

Pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan ke Indonesia di bandara dan pelabuhan internasional guna mencegah varian Mu dari virus penyebab Covid-19 masuk ke Tanah Air. Kemunculan varian Mu mendorong pemerintah memperketat pengawasan dan karantina pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia.

Berita Terkini

Diledek Kaesang Gaji Wali Kota Solo Kecil, Respons Gibran di Luar Dugaan

Kaesang kepada Deddy mengungkapkan soal gaji sang kakak dan ayahandanya selama menjadi pejabat publik.

Si Jago Merah Lalap Rumah Warga di Trucuk Klaten

Luas area yang terbakar mencapai 10 meter X 12 meter, sedangkan proses penanganan kebakaran berlangsung mulai pukul 06.14 WIB hingga pukul 08.15 WIB.

Tersisa 81.257 Pelajar Klaten Belum Divaksin, Pekan Depan Jadi Prioritas Vaksinasi

Satgas PP Covid-19 Klaten tinggal berkonsentrasi merampungkan vaksinasi 81.257 pelajar karena sebanyak 31.020 pelajar sudah divaksin pada waktu sebelumnya.

Kompak, Bawaslu Boyolali Gandeng Pramuka Awasi Pemilu

Kwarcab Boyolali menyambut baik didirikannya Saka Adhyasta Pemilu oleh Bawaslu Kabupaten Boyolali.

Dampak Teknologi, 80 Persen Generasi Muda Gagap Berkomunikasi Langsung

Kecanggihan teknologi dapat menunjang berbagai aktivitas masyarakat, namun di sisi lain juga memberikan dampak negatif khususnya bagi generasi muda.

Disebut Candi Asu, Ini Wujud Yoni di Tengah Sawah Klaten Terdampak Tol Solo-Jogja

Objek diduga cagar budaya berupa yoni itu berada tak jauh dari patok kuning yang menjadi titik tengah rencana ruas tol Solo-Jogja.

Karanganyar Naikkan Target Vaksinasi Jadi 10.000 Orang/Hari, Yuk Bisa Yuk!

Keputusan menaikkan sasaran vaksinasi Covid-19 itu diambil berkaitan dengan sejumlah kebijakan pemerintah pusat.

Anak 12 Tahun ke Atas di Sukoharjo Mulai Disasar Vaksinasi Covid-19

Anak usia 12 tahun ke atas di Sukoharjo mulai menjadi sasaran program vaksinasi Covid-19 seiring bergulirnya PTM di sekolah.

Jadwal Pemadaman Listrik Karanganyar dan Klaten Hari Ini, Rabu (22/9/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Karanganyar dan Klaten hari ini, Rabu (22/9/2021) yang berlangsung selama empat dan tujuh jam.

Proyek GOR Indoor Manahan Solo Mandek, Legislator Pertanyakan Kinerja Konsultan Pengawas

Kalangan legislator DPRD Solo menyayangkan pekerjaan proyek pembangunan GOR Indoor Manahan tak selesai dan mempertanyakan kinerja konsultan pengawas.

Kompak, 800 Orang Bergerak Bantu TMMD di Majasto Sukoharjo

Sedikitnya 800 warga berpartisipasi dalam program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD di Desa Majasto, Tawangsari, Sukoharjo.

Populasi Penderita Gagal Ginjal di Soloraya Terus Meningkat, Waspadai Pemicunya!

Jumlah penderita gagal ginjal di Soloraya terus meningkat dari tahun ke tahun yang dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat.

GTT Senior Wonogiri Pesimistis Lolos Ujian PPPK, Ini Alasannya

Sejumlah GTT senior di Wonogiri tak yakin bakal lolos ujian kompetensi menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK.

Vaksinasi Covid-19 Baru 45%, Danrem Tetap Yakin Herd Immunity Wonogiri Bisa Terbentuk Oktober

Danrem Warastratama optimistis capaian vaksinasi Covid-19 Wonogiri bisa digenjot hingga 70% pada Oktober 2021 sehingga herd immunity terbentuk.

Waduh! Sistem Trouble, Sertifikat Vaksin Covid-19 Pelajar Karanganyar Tak Bisa Langsung Tercetak

Vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Kabupaten Karanganyar sempat terkendala masalah sistem di mana sertifikat tidak bisa langsung tercetak.

Pengelola Mal Soloraya Berharap Anak 12 Tahun ke Bawah Boleh Masuk

Pengelola mal di Soloraya berharap ada kelonggaran terutama untuk anak di bawah 12 tahun boleh masuk mal seiring turunnya kasus Covid-19.