SOLOPOS.COM - Seremonial pendistribusian 15.000 paket Ramadan oleh Yayasan Gita Pertiwi bersama Baznas RI di Solo, Selasa (5/4/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Yayasan Gita Pertiwi bekerja sama dengan Foodcycle Indonesia dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI membagikan 15.000 paket bantuan pangan Ramadan di wilayah Soloraya, Selasa (5/4/2022).

Program tersebut merupakan salah satu kegiatan berbagi pangan. Paket tersebut akan didistribusikan ke Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, dan Kota Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Koordinator Program Paket Ramadan, Khoirunnisa, mengatakan program berbagi pangan tersebut telah direncanakan sejak Oktober 2021. Namun baru terealisasi pada Ramadan 2022.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Bantuan Sosial Kemensos di Solo Tak Terserap 100%, Ini Penyebabnya

“Program ini sebetulnya kerja sama untuk menginisiasi berbagi pangan di Soloraya. Sudah sejak Oktober 2021 sih namun terselenggara sekarang kerjasama dengan Foodcycle,” jelas Nisa saat diwawancarai Solopos.com, Selasa (5/4/2022).

Seremonial penyerahan bantuan Paket Ramadan dilakukan Selasa (5/4/2022) pukul 09.00 WIB-11.00 WIB di Kantor Baznas Kota Solo. Hal tersebut juga bertujuan untuk memudahkan masyarakat mendapat informasi mengenai hal yang berkaitan dengan bantuan tersebut.

Baca Juga: Jamin Ketersediaan Pangan Jelang Ramadan, Begini Strategi Pemerintah

Pendistribusian nantinya akan dilakukan oleh Baznas setempat dibantu Pemerintah Kota/Kabupaten. Ada pun penerima paket adalah pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), tenaga kebersihan kelurahan, tenaga kebersihan jalan dan taman, dan buruh kuli gendong.

“Pendistribusian di Sragen dan Karanganyar kami arahkan ke Baznas setempat. Mengenai sasaran ada dari pemulung TPA, petugas kebersihan, tukang sapu, keluarga kurang mampu. Oh ya sama buruh gendong,” imbuhnya.

Baca Juga: Penyerahan Bantuan Sosial Tunai Warga Solo Ditunda, Ini Penjelasan Wali Kota

Untuk Kota Solo, bantuan Paket Ramadan dikelola sebagian oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Solo dan untuk paket sayuran dikelola Baznas Solo. Ada pun paket hasil kerja sama tersebut terdiri atas sarden, saus, kecap, sayuran, dan bahan makanan lain.

Warga nantinya bisa mengambil paket di DKPP sesuai jatah mereka masing-masing. “Untuk ABC Kraft Heinz [sarden, saus, kecap] dikelola DKPP Solo, kalau sayur oleh Baznas,” imbuh Nisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya