15.000 Dosis Vaksin Moderna Mulai Disalurkan Kepada Warga Kulonprogo

Pemberian vaksin Moderna untuk warga Kulonprogo telah dimulai sejak Sabtu (18/9/2021). Jumlah vaksin Moderna yang tersedia sebanyak 15.000 dosis.

 Bupati Kulonprogo Sutedjo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kapanewon Panjatan pada Selasa (24/8/2021). (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

SOLOPOS.COM - Bupati Kulonprogo Sutedjo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kapanewon Panjatan pada Selasa (24/8/2021). (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, KULONPROGO — Sebanyak 15.000 dosis vaksin Covid-19 jenis Moderna disiapkan bagi warga Kabupaten Kulonprogo. Vaksinasi Covid-19 jenis Moderna sudah dilakukan sejak Sabtu (18/9/2021) lalu di RSUD Wates.

“Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Moderna yang diperuntukkan kepada masyarakat umum dilakukan di RSUD Wates. Sebanyak 200 masyarakat telah menerima vaksinasi Covid-19 jenis Moderna,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami, pada Senin (20/9/2021).

“Mekanisme penggunaan vaksin Covid-19 jenis Moderna juga hampir sama dengan vaksin Covid-19 varian lainnya ya. Dosis yang digunakan sebanyak dua kali. Tenggat waktu antara dosis pertama dan kedua adalah sekitar empat pekan,” ujar dia melanjutkan.

 

Dinas Kesehatan Kulonprogo juga terus melakukan pemantauan terhadap kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) pasca-vaksinasi Moderna. Hasilnya, sejauh ini tidak ada KIPI serius yang terjadi kepada masyarakat pasca menerima suntikan vaksin Moderna.

“Mekanisme pengawasannya sama dengan lainnya. Pengawasan KIPI tetap kita lakukan secara ketat. Alhamdulillah, berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kulonprogo tidak ada KIPI serius yang terjadi kepada masyarakat pasca menerima suntikan vaksin Covid-19 Moderna,” terang Sri Budi.

Merujuk data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, total pencapaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama sebanyak 235.420 orang atau sekitar 68,69%. Sedangkan, dosis kedua mencapai 103.445 orang atau sekitar 30,19%.

 

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati, mengatakan total target angka vaksinasi Covid-19 adalah 342.720 warga. “Bagi warga Kulonprogo yang belum menerima vaksin Covid-19 silakan mendaftarkan diri untuk menerima suntikan vaksin Covid-19 agar herd immunity atau kekebalan kelompok mampu dicapai oleh kabupaten Kulonprogo. Resiko terpapar Covid-19 juga bisa diminimalisasi,” ujar Baning.


Berita Terkait

Berita Terkini

Hasil Swab PCR, 1 Siswa di Sleman Positif Covid-19

Sesuai kebijakan Bupati Sleman, pembelajaran tatap muka di sekolah siswa yang positif Covid-19 ditutup sementara waktu.

Terungkap! Mahasiswi di Sleman Minum Racun Tikus Gegara Tugas Kuliah

Mahasiswi di Sleman yang ditemukan meninggal dunia di kamar indekos diduga melakukan bunuh diri dengan cara minum racun tikus.

Diduga Minum Racun Tikus, Mahasiswi di Sleman Ditemukan Meninggal

Seorang mahasiswi perguruan tinggi swasta di Sleman, Yogyakarta diduga nekat mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun tikus.

Siap-Siap! 31 Objek Wisata di Kulonprogo Akan Dibuka, Ini Daftarnya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo bersiap membuka 31 objek wisata andalannya secara terbatas.

Mau ke Pantai di Bantul? Cek Dulu Jadwal Ganjil Genap di Objek Wisata

Pemkab Bantul sudah menerapkan kebijakan ganjil genap kendaraan di sejumlah objek wisata ikonik di Kabupaten Bantul.

Pilu, 4 Tahun Asmara Nani Satai Beracun Digantung Aiptu Tomi

Terdakwa kasus satai beracun, Nani Aprilliani Nurjaman, pilu mendengar pernyataan Aiptu Tomi, yang hadir sebagai saksi pada persidangan kasus satai beracun di PN Bantul, Kamis (21/10/2021).

Selang 18 Menit, Gempa M 4,8 Guncang Laut Selatan Yogyakarta

Gempa bumi juga terjadi di laut selatan Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (22/10/2021) pukul 09.39 WIB.

Banjir Lahar Merapi Mengintai, BPBD Sleman Tambah Sensor EWS

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sleman mewaspadai potensi banjir lahar hujan Merapi saat cuaca ekstrem.

Dorong Pemulihan Ekonomi, 4.500 PKL dan Warung di Bantul Terima Bantuan

Kodim 0729 Bantul menyalurkan bantuan tunai untuk 4.500 PKL dan warung di Kabupaten Bantul pada Rabu (13/10/2021) untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Pelaku Pencabulan Anak Tiri di Gunungkidul Tak Ditahan, Kok Bisa?

Seorang pria di Gunungkidul, Yogyakarta ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pencabulan terhadap anak tiri hingga hamil.

Duh! Pelaku Perusakan Bus Arema FC Masih di Bawah Umur & Tenggak Miras

Pelaku perusakan bus milik Arema FC di sebuah hotel di Kota Jogja yang diringkus polisi masih di bawah umur dan dipengaruhi minuman keras (miras).

Sambil Menahan Tangis, Ini Pesan Nani Satai Beracun untuk Aiptu Tomi

Terdakwa Satai Beracun, Nani Aprilliani Nurjaman, menahan tangis sembari menyampaikan terima kasih kepada Aiptu Tomi atas cinta, kasih sayang, tetapi menyimpan kebohongan.

Bus Arema FC Dirusak, Pelaku Bawa Spanduk 'Persebaya Ekstrem'

Bus pemain Arema FC yang terparkir di sebuah hotel di Kota Jogja dirusak sejumlah orang yang diduga oknum Persebaya Surabaya.

Geger! Bayi Laki-Laki dalam Kardus di Teras Panti Asuhan Anak Siapa?

Penghuni Panti Asuhan Yapitu di Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul gempar, Rabu (20/10) malam, karena kardus misterius di kursi teras berisi bayi laki-laki.

Pelaku Tabrak Lari di Sleman Belum Ditetapkan Tersangka, Kok Bisa?

Seorang perempuan menjadi korban kecelakaan tabrak lari di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Pelaksanaan PTM Tingkat SMP Di Kulonprogo Sudah 90 Persen

Capaian angka sebesar 90 persen untuk pelaksanaan PTM di level SMP menjadi angin segar dunia pendidikan di Kulonprogo.