SOLOPOS.COM - Ilustrasi rapid test atau tes cepat virus corona atau Covid-19 (Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone)

Solopos.com, KLATEN -- Sebanyak 149 warga dua kecamatan yaknni Juwiring dan Wonosari, Klaten, menjalani rapid test karena ada riwayat kontak dengan pasien positif Covid-19.

Anggota Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan tes cepat dilakukan pada Senin (20/4/2020) di wilayah masing-masing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari 149 warga tersebut, 99 orang merupakan warga Kecamatan Wonosari yang memiliki riwayat kontak dengan tiga pasien positif Covid-19 asal kecamatan tersebut.

940 Pemudik Baru Tiba di Sragen, Pelaku Perjalanan Jadi 16.162 Orang

Sementara, 50 orang merupakan warga Kecamatan Juwiring, Klaten, juga menjalani rapid test karena pernah kontak dengan tiga pasien positif Covid-19 dari kecamatan tersebut.

“Di Wonosari memang awalnya dilaporkan ada 108 orang [kontak erat]. Namun, setelah dicek ternyata 99 orang dan semuanya hadir [mengikuti rapid test],” kata Anggit saat berbincang dengan Solopos.com, Senin sore.

Anggit menjelaskan hasil rapid test untuk 50 warga Juwiring semuanya negatif. Sementara dari total 99 warga Wonosari yang mengikuti rapid test, 98 orang juga negatif.

Kabar Duka: Rektor Unisri Solo 2006-2019 Kapti Rahayu Wafat

Sisanya satu orang yang mengikuti rapid test Covid-19 di Klaten itu dilanjutkan pengambilan sampel swab untuk pemeriksaan laboratorium.

“Dari 99 orang di Wonosari yang diperiksa, satu orang mengarah akhirnya kami melakukan swab. Sementara lainnya hasil rapid test negatif,” kata Anggit yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Klaten.

6 Orang Diambil Sampel Swab

Anggit menjelaskan dalam pemeriksaan Senin itu, tim juga mengambil sampel swab lima orang di Wonosari. Mereka adalah istri serta anak pasien positif di kecamatan tersebut.  “Sehingga hari ini total ada enam orang yang dilakukan swab,” jelas dia.

Fenomena Cacing Keluar di Soloraya Bukan Disebabkan Disinfektan, Begini Penjelasan Pakar UNS Solo

Sampel keenam orang itu selanjutnya dikirim ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan. Sebagai informasi, total kasus positif Covid-19 di Klaten hingga Senin ada sembilan orang.

Dua orang sudah dinyatakan sembuh sementara tujuh orang masih menjalani isolasi di rumah sakit. Tujuh pasien positif yakni tiga orang dari Wonosari, tiga orang dari Juwiring, dan satu orang dari Karanganom.

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan rapid test dilakukan pada orang-orang yang memiliki riwayat kontak dengan pasien. Mereka di antaranya anggota keluarga serta tetangga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya