Antrean warga mengular saat Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahap II 2019 di Kantor Desa Gedongan, Colomadu, Karanganyar, Rabu (20/2/2019). (Solopos/M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, KARANGANYAR  -- Sebanyak 145 calon kepala desa (cakades) terpilih hasil pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Karanganyar bakal dilantik, Kamis (21/3/2019). Mereka akan dilantik bersamaan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono.  

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, 145 desa dari 16 kecamatan di Bumi Intanpari telah menggelar pilkades serentak, Rabu (20/2/2019). Pilkades serentak itu mengasilkan 86 wajah baru sebagai cakades terpilih. 

Sedangkan petahana yang kembali terpilih di pilkades serentak itu ada 59 orang. “Pelantikan akan berlangsung Maret. Sekitar tanggal 21,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, tanpa menyinggung lokasi pelantikan, saat ditemui wartawan di Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar, Jumat (22/2/2019).

Sebelum melantik 145 cakades terpilih, lanjut Juliyatmono, orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar itu berencana mengumpulkan seluruh cakades terpilih terlebih dahulu. Dalam pertemuan itu, Juliyatmono ingin menyampaikan arah dan tujuan Pemkab dalam memajukan Karanganyar. 

“Dengan banyaknya wajah baru, semoga ada semangat baru untuk membangun desa yang jauh lebih maju ke depannya,” katanya. 

Setelah pelantikan cakades, Pemkab Karanganyar juga akan menggelar berbagai macam pelatihan bagi kades terpilih. Hal ini agar kades baru memiliki kemampuan di berbagai bidang saat memimpin di masing-masing desanya. 

“Setelah dilantik, mereka [kades terpilih] tetap dibekali dengan pendidikan kepemimpinan, kemampuan manajerial, dan lain sebagainya,” katanya. 

Sebelumnya, Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, mengatakan pelaksanaan pilkades serentak di Bumi Intanpari berlangsung lancar. “Situasi kondusif,” katanya. 

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten