SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

GUNUNGKIDUL—Sebanyak 144 bendahara desa dan 18 bendahara kecamatan mendapatkan pelatihan tata administrasi pengelolaan keuangan di Gedung Pemkab.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelatihan empat hari,berkahir hari ini, Selasa (9/10/2012), ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan tata keuangan bendaharawan desa .

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Desa Setda Gunungkidul Siswanto mengatakan pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan kapasitas kinerja pengelolaan keuangan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan menindaklanjuti program sistem informasi keuangan desa (sikdes).

“Sistem informasi tersebut pertama kalinya diberlakukan di Indonesia di Kabupaten Gunungkidul ini dari adopsi sistem keuangan daerah (sikuda) yang sampai saat ini masih berjalan dan perlu terus diberikan bagi para petugas bendaharawan desa,” kata Siswanto.

Beberapa pembicara tampil dalam kegiatan pelatihan diantaranya Inspektorat Daerah (Inspekda) Gunungkidul selaku pengawas tata kelola keuangan dinas instansi, kecamatan hingga desa. Pelatihan ini juga bertujuan untuk menekan angka temuan di pemerintah desa yang kerab dijumpai dalam setiap pemeriksaan berjalan.

Sekretaris Desa Kelor Kecamatan Karangmojo Alek kepada Harian Jogja mengaku dirinya mengikuti  kegiatan pelatihan tidak lain menggantikan bendaharawan desa yang tidak bisa mengikuti kegiatan. “Apa yang saya dapat disini nanti baru saya sampaikan ke bendahara desa kami. Karena saya hanya mewakili hadir saja disini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya