SOLOPOS.COM - Tenaga kesehatan di Kudus lakukan perawatan pasien Covid-19. (Antara)

Solopos.com, KUDUS -- Sedikitnya 143 tenaga kesehatan di Kabupaten Kudus terkonfirmasi positif Covid-19 saat menangani lonjakan pasien Covid-19 di kabupaten ini.

Mengutip Antara, Selasa (1/6/2021), Juru Bicara Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus, Andini Aridewi, para nakes itu terpapar pada periode dimana terjadi lonjakan pasien Covid-19. “Dari jumlah tersebut, sebagian besar melakukan isolasi mandiri dan yang dirawat 15 orang," kata Andini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nakes yang terpapar Covid-19 tersebut ada yang berasal dari 14 puskesmas dan tiga dari rumah sakit. Tenaga kesehatan yang menjalani perawatan, rata-rata memiliki keluhannya demam, infeksi pernapasan dan pencernaan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Di Kudus, Pasien Covid-19 Malah Boleh Dijaga Keluarga

Dengan adanya kejadian tersebut, Dinkes Kudus juga menginventarisasi kebutuhan tenaga kesehatan untuk diajukan bantuan kepada Kementerian Kesehatan dengan harapan ada tambahan tenaga kesehatan untuk merawat pasien Covid-19.

Upaya lain, yakni dengan menggandeng organisasi profesi untuk menambah sumber daya manusia lebih banyak lagi dan beberapa rumah sakit swasta di Kudus juga mulai merekrut tenaga baru untuk memenuhi kebutuhan. Hal terpenting masyarakat juga mematuhi protokol kesehatan lebih ketat lagi, sehingga tidak terjadi kasus penularan Covid-19 yang baru.

Kabid Keperawatan RSUD Loekmono Hadi Kudus, Edy Susanto, menyatakan di RSUD Kudus memang ada tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 sebanyak 25 orang. 4 Orang di antaranya menjalani perawatan dan lainnya isolasi mandiri.

Baca Juga : Pasien Covid-19 di Kudus Mulai Dirujuk ke RS Luar Daerah

Tenaga kesehatan yang menjalani isolasi mandiri, juga mendapatkan suplai vitamin untuk meningkatkan daya imunitas dan pemulihan kesehatannya.

Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus yang sebelumnya menjalani perawatan karena terpapar Covid-19, sudah bisa keluar dari ruang perawatan setelah dinyatakan bebas corona. Namun masih membutuhkan istirahat untuk pemulihan kesehatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya