14 Unit RTLH di Klaten bakal Dibangun Rumah Baru, di Sini Lokasinya

Lebih dari 1.508 unit rumah tak layak huni (RTLH) di Klaten menjadi sasaran bantuan stimulan rehab dari pemerintah.

 Ilustrasi rehab rumah tidak layak huni (RTLH). (Dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rehab rumah tidak layak huni (RTLH). (Dok)

Solopos.com, KLATEN — Lebih dari 1.508 unit rumah tak layak huni (RTLH) di Klaten menjadi sasaran bantuan stimulan rehab dari pemerintah. Dari jumlah itu, sebanyak 14 unit rumah bakal mendapatkan bantuan membangun rumah baru.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim) Klaten, Pramana Agus Wijanarka, mengatakan sumber anggaran rehab RTLH berasal dari berbagai tingkatan. Dari pemerintah pusat, ada bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dengan nilai bantuan stimulan Rp20 juta per unit. Jumlah total rumah yang menjadi sasaran BSPS sebanyak 662 unit.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Selain itu, sekitar 200 unit RTLH mendapatkan bantuan stimulan rehab RTLH dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng). Nilai bantuan sekitar Rp12 juta per unit.

Pada program KBMKB dan TMMD yang merupakan kolaborasi antara Pemkab dengan Kodim Klaten, ada 35 unit RTLH yang menjadi sasaran rehab tahun ini. Sementara, Pemkab berencana mengalokasikan anggaran rehab RTLH melalui APBD Perubahan 2022 untuk 525 unit. Nilai bantuan Rp12 juta per unit.

“Kalau ditotal untuk jumlah RTLH yang direhab tahun ini, baik dari bantuan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten ada 1.508 unit,” ungkap dia, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Duh! 2.312 Keluarga di Klaten Masuk Kategori Miskin Ekstrem

Soal rumah yang direhab menggunakan bantuan DAK, Pramana menjelaskan sistem rehab yang diberlakukan, yakni membangun rumah baru. Nilai bantuan dari DAK atau dari pemerintah pusat Rp20 juta per unit. Ditambah bantuan dari pemerintah daerah Rp20 juta per unit serta swadaya warga sekitar Rp10 juta.

“Sehingga total Rp50 juta. Sasarannya, RTLH yang kondisinya benar-benar rusak berat,” kata Pramana.

Pramana menjelaskan 14 RTLH yang menjadi sasaran bantuan pembangunan baru berada di Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan.

“Pada pekan ketiga bulan ini sudah mulai fisik [pembangunan]. Kami kerja sama dengan Bank Jateng untuk penyalurannya. Biasanya masyarakat masih berpedoman pada adat Jawa setempat, yakni pembangunannya setelah Bulan Sura,” jelas Pramana.

Baca Juga: Tangani Kemiskinan di Klaten, Bupati Ajak ASN Bayar Zakat di Baznas

Soal jumlah total RTLH di Klaten, Pramana menjelaskan berdasarkan pendataan ada 18.011 RTLH pada 2021. Untuk mempercepat rehab RTLH di Klaten, Pramana menuturkan selama ini berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Pemerintah desa membantu proses percepatan pengentasan RTLH memanfaatkan gelontoran dari dana desa. Rehab RTLH juga dibantu dari Baznas. Selain itu, ada bantuan dari kalangan swasta melalui CSR.

“Semoga dengan kolaborasi tersebut proses pengentasan RTLH bisa segera rampung,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan ada 18.011 unit RTLH di Kabupaten Bersinar yang butuh bantuan rehab. Dibutuhkan dana setidaknya Rp225 miliar untuk bantuan stimulan guna menuntaskan rehab RTLH di Klaten.

Baca Juga: Klaten Butuh Rp225 Miliar untuk Rehab RTLH 18.011 Unit

Lantaran hal itu, Mulyani berharap penanganan RTLH bisa melibatkan berbagai pihak agar proses penanganan cepat rampung.

Mulyani menargetkan tahun ini setidaknya ada 1.200 RTLH yang mendapatkan bantuan rehab RTLH. Bantuan rehab RTLH itu difokuskan ke 25 desa miskin ekstrem yang tersebar di lima kecamatan.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Gaji ASN Tak Cukup Buat Beli Rumah di Solo, Pemkot Siapkan Lahan di Mojosongo 

      Pemkot Solo menyediakan lahan untuk bisa didevelop pihak penyedia rumah susun. Luas lahan yang tersedia di Mertoudan sekitar 3.100 meter persegi.

      Kasasi Pemkot Solo Dikabulkan, Kuasa Hukum Ahli Waris Sriwedari Tenang

      Putusan MA tidak berpengaruh terhadap putusan kepemilikan dan pengosongan [tanah] Sriwedari

      Eks SDN 1 Bendungan Kedawung, Sragen bakal Disulap Jadi Ekraf Center

      Pusat Ekraf itu akan dibangun pada 2023 mendatang dengan alokasi anggaran sampai ratusan juga rupiah yang bersumber dari dana Desa Bendungan dan dana Kecamatan Kedawung.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 6 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Kamis (6/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Puluhan Siswa SMAN 1 Wonogiri Diminta Cegah Stunting dari Usia Remaja

      Penyuluh KB di Kecamatan Wonogiri mengajak para siswa di sekolah setempat untuk ikut mencegah stunting melalui kampanye bertajuk Relasi, yakni Remaja Lawan Stunting.

      Tragedi Kanjuruhan, Sosiolog UNS: Fanatisme Suporter Rusak Kelompoknya Sendiri

      Sosiolog UNS menyebut tragedi Kanjuruhan tidak lepas dari adanya fanatisme suporter yang merusak kelompoknya sendiri.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Sragen Hari Ini (6/10/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Sragen, Jawa Tengah, pada hari ini, Kamis, 6 Oktober 2022.

      Rayakan HUT ke-77 TNI, Elemen Masyarakat Datangi Kodim Sukoharjo

      Sejumlah elemen masyarakat di Sukoharjo memberikan ucapan selamat HUT ke-77 TNI kepada Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi

      Jadi Pilot Project SBM, Ini Kiprah Sukarelawan di Kelurahan Siswodipuran

      Surveileans Berbasis Masyarakat diperlukan untuk mendeteksi dini fenomena dan mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah di lingkungan masyarakat.

      Polres Wonogiri Dalami Meninggalnya Pekerja Akibat Kecelakaan Kerja di PT PPI

      Kasatreskrim Polres Wonogiri, AKP Supardi, mengatakan sejauh ini polisi sudah memeriksa sedikitnya 45 orang dari PT PPI termasuk saksi-saksi saat kecelakaan kerja itu terjadi.

      Terlibat Laka Tunggal Di Palur, Pria Tanpa Identitas Alami Pendarahan Kepala

      Korban diduga melaju dari arah Karanganyar menuju Solo melewati jalan bawah flyover Palur. Dugaannya korban mengantuk hingga menabrak kendaraan yang tengah terparkir di pinggir jalan di barat SPBU Palur.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 6 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Kamis (6/10/2022), bisa disimak di sini.

      Ada Pemeliharaan, Cek Pemadaman Listrik di Klaten Hari Ini (6/10/2022)

      Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Klaten, Jawa Tengah, pada hari ini, Kamis, 6 Oktober 2022.

      Daftar Taman Populer di Kota Solo, Ada yang Usianya Lebih dari 100 Tahun

      Daftar taman di Kota Solo yang cukup populer dan banyak dikunjungi warga dari yang belum lama dibangun hingga yang berusia lebih dari 100 tahun.

      Agenda Solo Hari Ini: Festival Thrift di Tirtonadi hingga Gibran Buka Expo

      Agenda Kota Solo hari ini, Kamis (6//10/2022), akan ada festival thrifting atau awul-awul, pembukaan IQE oleh Wali Kota Gibran di Solo Square Mall, hingga wayang orang di Sriwedari.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Diawali dengan Gerimis Tipis, lalu Berawan

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (6/10/2022), diprediksi dimulai dengan gerimis tipis kemudian berawan saat sore hingga malam.