SOLOPOS.COM - Kasat Binmas Polresta Solo AKP Febriyani Aer (kedua kiri) mengecek masjid di Kota Solo beberapa waktu lalu. (Istimewa/Polresta Solo)

Solopos.com, SOLO -- Satuan Binmas Polresta Solo intensif mengecek tempat ibadah di Kota Solo untuk mengetahui kesiapan menyongsong kenormalan baru di tengah pandemi virus corona.

Kasat Binmas Polresta Solo, AKP Febriyani Aer, kepada Solopos.com, Jumat (3/7/2020), mengatakan sejauh ini ada sekitar 14 tempat ibadah yang sudah dikunjungi kepolisian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurutnya, sebanyak 14 tempat ibadah itu telah bersiap menyambut kenormalan baru atau new normal.

RSUD Bung Karno Solo bakal Dijadikan Pusat Pengobatan Herbal

Ia memerinci beberapa tempat ibadah itu yakni Masjid Agung Solo, Masjid Al Wustho, Masjid Al Mutaqien, Masjid Al Amin, Masjid Baiturahman Tipes, Masjid Hajjah.

Kemudian Masjid Baiturahman Jagalan, Masjid An Nafi, Masjid Al Firdaus, Masjid An Nur Jebres, Masjid Mukarromah. Lalu, GBI Sola Gratia Sambeng, Gereja Santo Paulus, GSJA Batu Karang, dan Pura Indra Prasta.

"Pengecekan kami lakukan secara humanis bersama pengurus tempat ibadah. Pengecekan berupa kesiapan yang sudah dilakukan tempat ibadah dalam menjalankan protokol kesehatan. Sosialisasi juga kami lakukan untuk memberi pemahaman pentingnya protokol kesehatan," papar dia mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Andy Rifai.

Sarana Cuci Tangan

Febriyani mengapresiasi para pengurus tempat peribadatan yang sudah serius mencegah penularan virus corona.

Seperti jemaah wajib memakai masker, menyediakan sarana cuci tangan, menyediakan hand sanitizer, serta memperhatikan jarak dalam beribadah.

Ditanya Soal Reshuffle, Menkes Terawan Bungkam Lalu Ngacir Ke Mobil

Menurutnya, Sat Binmas akan terus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan.

Dia menambahkan kunci pencegahan virus corona yakni disiplin diri sendiri seperti memakai masker, tidak berkerumun, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Tak Pernah Kemana-Mana, Petani Asal Jombor Sukoharjo Positif Covid-19

Febriyani Aer menjelaskan selain tempat ibadah, beberapa tempat umum seperti mal, pasar tradisional, warung kaki lima, restoran, juga akan menjadi sasaran pengecekan kepolisian.

Selain itu, ungkap dia, Polresta Solo juga memprioritaskan pengecekan di tempat umum lainnya seperti terminal, stasiun, dan lokasi perbelanjaan.

Studi Terbaru Ungkap 40 Persen Pasien Covid-19 di Italia Tanpa Gejala

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya