SOLOPOS.COM - HASIL UN--Sejumlah kepala sekolah mengambil berita acara pengumuman hasil UN sekolah masing-masing seusai penyampaian hasil dan pengarahan dari Kepala Dinas Pendidikan, Suparno di Ruang Aula Disdik, Minggu (15/5). (JIBI/SOLOPOS/Suharsih)

Wonogiri (Solopos.com) – Hasil Ujian Nasional (UN) SMA/SMK/MA di Wonogiri akan diumumkan Senin (16/5) pukul 14.00 WIB. Berdasarkan data di Dinas Pendidikan (Disdik), sebanyak 14 siswa SMA dinyatakan tidak lulus. Sedangkan 186 siswa tercatat memperoleh nilai 10 pada mata pelajaran tertentu.

HASIL UN--Sejumlah kepala sekolah mengambil berita acara pengumuman hasil UN sekolah masing-masing seusai penyampaian hasil dan pengarahan dari Kepala Dinas Pendidikan, Suparno di Ruang Aula Disdik, Minggu (15/5). (JIBI/SOLOPOS/Suharsih)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Disdik Wonogiri, Suparno mengungkapkan indeks kelulusan SMA/SMK/MA pada 2011 ini menurun dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini, angka kelulusan hanya 99,84%. Dari jumlah peserta UN SMA/SMK/MA sebanyak 8.567 siswa, sebanyak 14 siswa dinyatakan tidak lulus.

Sedangkan tahun lalu, angka kelulusan mencapai 99,88%. Dari total 8.349 peserta UN SMA/SMK/MA hanya ada enam siswa yang tidak lulus. “Tapi bagaimanapun saya mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara karena secara umum UN tahun ini berjalan lancar, tertib dan aman. Kalaupun ada sedikit permasalahan, itu tidak sampai mengganggu jalannya UN,” kata Suparno saat acara penyampaian hasil UN kepada para kepala SMA/SMK/MA di Aula Disdik, Minggu (15/5).

Sebanyak 14 siswa yang tidak lulus itu, kata Suparno, merupakan siswa SMA yang tersebar di lima kecamatan. Masing-masing tiga siswa di salah satu SMAN di Wonogiri, satu siswa SMA di Baturetno, tiga siswa SMA di Wuryantoro, satu siswa SMA di Pracimantoro, dan enam siswa SMA di Sidoharjo,

Bagi para siswa yang tidak lulus tersebut, lanjut Suparno, diharapkan kepala sekolahnya mendaftarkan mereka untuk mengikuti Kejar Paket C, kecuali jika para siswa itu ingin mengulang satu tahun lagi di kelas XII/III. Selain siswa yang tidak lulus, Suparno juga menyampaikan jumlah siswa yang memperoleh nilai 10 pada mata pelajaran (Mapel) tertentu.

Untuk SMK, ada 173 siswa yang memperoleh nilai 10 pada Mapel Matematika (paling banyak di SMKN 2 Wonogiri sebanyak 105 siswa) dan dua siswa yang mendapat nilai 10 pada Mapel Bahasa Inggris. Sedangkan untuk SMA, ada tiga siswa yang mendapat nilai 10 untuk Mapel Matematika, empat siswa memperoleh nilai 10 untuk Mapel Kimia, satu siswa mendapat nilai 10 untuk Mapel Biologi dan tiga siswa untuk Mapel Fisika. Total 186 siswa.

“Kami sangat berharap pihak sekolah kompak menyampaikan pengumuman pada pukul 14.00 WIB. Selain itu, sekolah juga kami minta bisa mengendalikan siswanya agar tidak ugal-ugalan dalam merayakan kelulusan. Meskipun dari pihak kepolisian sudah menyiapkan delapan titik pemantauan, tentunya akan sangat membantu jika dari sekolah sudah bisa mengendalikan,” tandas Suparno.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Wonogiri, H Dikin mengatakan adanya 105 lulusan sekolahnya yang mendapat nilai 10 pada Mapel Matematika merupakan suatu berkah. Dia mengungkapkan sekolahnya tahun ini meluluskan 288 siswa, dan sebanyak 235 siswa di antaranya sudah diterima bekerja di berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia.

shs

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya