14 Ekor Sapi Positif PMK, Pasar Hewan di Banjarnegara Ditutup

Sejumlah pasar hewan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), ditutup menyusul ditemukannya kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK pada 14 ekor sapi.

 Ilustrasi sapi. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi. (Freepik)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara memutuskan untuk menutup sejumlah pasar hewan di wilayahnya menyusul ditemukannya kasus penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada 14 ekor sapi. Rabu (18/5/2022).

Penutupan pasar hewan itu dilakukan aparat Polres Banjarnegara bersama aparat TNI dan petugas dari instansi terkait seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dan Dinas Kesehatan.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Kapolres Banjarnegara, AKBP Hendri Yulianto, mengatakan penutupan sementara pasar hewan akan dilakukan selama 14 hari, sejak 16 Mei. Penutupan pasar hewan itu akan dilakukan secara bertahap atau tidak secara serentak.

“Penutupan pasar hewan dilakukan secara bertahap. Hari ini [18/5/2022] dilakukan di Pasar Hewan Purwanegara, Kecamatan Purwanegara,” ujar Hendri.

Menurut Kapolres Banjarnegara, pengamanan penutupan pasar hewan yang dilakukan personel Polres Banjarnegara dengan melibatkan TNI beserta instansi terkait lainnya seperti Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara.

Baca juga: Sapi dan Kambing di Kartasura Dicek untuk Antisipasi PMK, Hasilnya?

Ia mengharapkan dengan adanya penutupan pasar hewan tersebut, kasus PMK pada ternak di Banjarnegara dapat terkendali.

“Kami melakukan pengamanan agar kegiatan penutupan berjalan aman. Kami juga menempatkan personel untuk melakukan patroli di pasar hewan yang ditutup,” kata Kapolres.

AKBP Hendri mengatakan dalam rangka memantau lalu lintas hewan, pihaknya akan melakukan penyekatan di perbatasan Banjarnegara dengan Kabupaten Wonosobo, Purbalingga, Banyumas, dan Kebumen.

Baca juga: Joss! Daerah Terdeteksi PMK di Jateng Dapat Bantuan

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan sosialisasi dan pengecekan di peternakan maupun rumah pemotongan hewan (RPH) serta memberikan penyuluhan kepada peternak terkait dengan pencegahan PMK dan penanganannya jika ada ternak yang mengalami gejala penyakit tersebut.

Dalam kesempatan terpisah, Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Banjarnegara Syamsudin mengatakan penutupan pasar hewan tersebut dilakukan karena berdasarkan pemeriksaan di dua kecamatan ditemukan sebanyak 14 ekor sapi yang positif terkena PMK. “Selain itu, ada 126 ekor sapi yang suspek PMK, hasil pemeriksaannya belum keluar,” katanya.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Cuci Tangan Dan Kaki di Embung, Petani di Grobogan Tenggelam

Seorang petani di Kabupaten Grobogan Marno, 58 tahun, warga Desa Warukaranganyar, Kecamatan Purwodadi meninggal akibat tenggelam di embung.

Libur Sekolah! Ini Rekomendasi 5 Tempat Wisata untuk Anak di Semarang

Berikut rekomendasi lima tempat wisata yang cocok bagi anak di wilayah Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Komisi V DPR RI Kunjungi Grobogan, Bahas Perubahan Status Jalan

Usulan perubahan status jalan provinsi menjadi jalan nasional yang melintasi Kabupaten Grobogan diperhatikan Komisi V DPR RI dan Kementerian PUPR.

Vaksin PMK Tiba di Salatiga, Hewan Ternak Langsung Disuntik

Pemerintah Kota Salatiga mendapatkan 1.500 dosis vaksin PMK yang mulai diberikan kepada hewan ternak, Jumat (24/6/2022).

Daftar 5 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Paling Buncit Sering Erupsi

Berikut daftar lima gunung tertinggi di Jawa Tengah atau Jateng dan menjadi destinasi favorit kegiatan pendakian gunung.

Korupsi Pengadaan Lahan Karyawan YIA, Kejati Tetapkan 1 Tersangka

Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah atau Kejati Jateng menetapkan satu orang tersangka dalam kasus pengadaan lahan untuk perumahan karyawan Bandara YIA Kulonprogo.

Mitos Letusan Gunung Slamet, Juru Kunci: Pulau Jawa Tak Terbelah

Juru kunci menyebut mitos letusan Gunung Slamet bakal membelah Pulau Jawa tidak benar.

Asal-Usul Congyang Semarang, Jamu Tradisional yang Malah Dibuat Mabuk

Tahukah Anda bagaimana asal-usul congyang Semarang yang sering dianggap sebagai minuman keras?

Ada Larangan Mengoperasikan Ponsel di SPBU, Pakai MyPertamina Aman?

Meski ada larangan penggunaan ponsel di SPBU, layanan aplikasi MyPertamina bisa digunakan sepanjang terpenuhi jarak aman.

Investor Jajaki Bangun PLTS Terapung WKO & WGM, Potensinya Besar Lur

Dinas ESDM Jateng menjajaki pemanfaatan Waduk Kedung Ombo dan Waduk Gajah Mungkur sebagai lokasi untuk pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) apung. Potensi listri dari PLTS di kedua waduk itu besar.

Ngeri! Pemulung Temukan Kerangka Manusia di Gedung Kosong di Grobogan

Seorang pemulung menemukan kerangka manusia di gedung kosong milik Unit Pengelolaan Keuangan di Desa/Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan.

Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Purbalingga

Berikut ini terdapat daftar pembagian wilayah zonasi SMA negeri di Kabupaten Purbalingga dalam PPDB 2022 berdasarkan SK dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.

Kuota PPDB SD di Kota Semarang Tersisa Ribuan, Ini Sebabnya

Daya tampung atau kuota untuk peserta didik baru dalam PPDB SD Negeri di Kota Semarang tahun 2022 , yang disediakan masih banyak yang kosong.

Tak Sedikit, Ternyata Segini Jumlah Desa Mandiri Energi di Jateng

Dinas ESDM Jateng terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan energi baru terbarukan. Ada ribuan desa di Jateng yang menjadi desa mandiri energi dengan memanfaatkan energi baru terbarukan.

Prakiraan Cuaca Hari Ini di Semarang: Cerah Berawan, Hujan Kemudian

Berikut prakiraan cuaca hari ini di Semarang, Jumat (24/6/2022) yang dikutip dari laman BMKG.

Skate Park Terbesar Indonesia di Ungaran, Ini Asa Skateboarder Lokal

Arena bermain skateboard atau skate park terbesar di Indonesia segera hadir di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng).