SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Komisi III DPR mulai menyeleksi 14 calon Komisoner Komisi Yudisial (KY). Kegiatan ini rencananya berlangsung empat hari hingga Kamis malam (2/12).

Proses awal seleksi dimulai dengan pembuatan makalah, Senin (29/11), pukul 10.00 WIB. Seluruh calon diberi waktu hingga empat jam untuk mengetik makalah di tempat dengan tema yang sudah ditentukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah pembuatan makalah, proses seleksi berlanjut ke presentasi makalah. Kegiatan ini akan dilakukan mulai 30 November hingga 1 Desember 2010.

“Setelah membuat makalah mereka kita undang untuk mempresentasikan makalah,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Fahri Hamzah di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (29/11).

Untuk pelaksanaan fit and proper test rencananya digelar pada Kamis 2 Desember. Dari 14 nama, akan dipilih tujuh komisioner KY, sekaligus ketua pengganti Busyro Muqoddas.

“Malam itu juga akan dipilih ketuanya,” tegasnya.

Ada pun kriteria calon yang dipilih Komisi III berkutat pada pemahaman terhadap UU KY. Lembaga independen tersebut harus dipahami sebagai institusi pengawas hakim, bukan tempat pengaduan perkara.

“Jangan dipandang sebagai pengadilan banding. Hakim dalam konteks KY yang diperiksa kalau ada penyalahgunaan etik, bukan materi hukum,” tegasnya.

Hingga pukul 11.00 WIB proses pembuatan makalah masih berlangsung.

Berikut 14 calon komisioner KY:

1. Prof Jawahir Thontowi PhD
2. DR Suparman Marzuki MSi,
3. DR Ibrahim LLM,
4. DR Mangsa Manurung MKn,
5. DR Hermansyah MHum,
6. Iman Anshori Saleh MHum,
7. H Abbas Said SH,
8. DR Taufiqurrohman MH,
9. Prof DR H Eman Suparman,
10. DR Hasanuddin MM,
11. Abdul Ficar Hadjar MH,
12. DR JMT Simatupang MH,
13. DR Jaja Ahmad Jayus MHum
14. Sumali MH.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya