14 Anggota Perguruan Bela Diri Solo Pukuli Korban Gegara Konten Medsos

Aksi penganiayaan oleh 14 orang anggota perguruan bela diri di Solo ternyata dipicu unggahan konten gambar korban di media sosial.

 Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak (kanan), menjelaskan pengungkapan kasus tindak kekerasan dengan 14 tersangka yang merupakan anggota dari sebuah perguruan bela diri di Solo, Senin (23/5/2022). (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak (kanan), menjelaskan pengungkapan kasus tindak kekerasan dengan 14 tersangka yang merupakan anggota dari sebuah perguruan bela diri di Solo, Senin (23/5/2022). (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Kasus kekerasan oleh 14 anggota salah satu perguruan bela diri di Solo yang pukuli orang berinisial FS, warga Gabutan, Joyosuran, Pasar Kliwon, Solo, Minggu (24/4/2022), ternyata dipicu unggahan konten di media sosial.

Korban mengunggah gambar dirinya memakai pakaian yang terdapat atribut perguruan bela diri tersebut. Para tersangka menganggap tindakan korban tidak tepat.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Para tersangka yang merupakan anggota perguruan bela diri itu menganggap korban belum saatnya memakai atribut perguruan. Korban baru sebatas mengikuti latihan, belum disahkan menjadi anggota perguruan bela diri di Solo itu melalui proses pelantikan.

Gegara unggahan gambar di medsos tersebut, korban dipanggil ke halaman SDN Beton, Sewu, untuk dimintai klarifikasi. Sebelumnya, korban mengaku sudah memberikan klarifikasi dan hal itu dianggap sudah selesai.

“Pada April, [gambar korban] kembali diunggah yang berakibat diundang salah satu tersangka untuk klarifikasi perihal memakai pakaian dengan atribut [perguruan]. Dianggap belum berhak memakai atribut karena belum dilantik jadi warga,” terang Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, kepada wartawan di Mapolresta Solo, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Pukuli Orang, 14 Anggota Perguruan Bela Diri di Solo Diciduk Polisi

Di halaman SDN Beton tersebut, salah satu senior korban menantangnya berduel. Sang senior lantas memanggil muridnya yang lain untuk duel dengan korban. Setelah duel tiga ronde, korban disuruh istirahat, diberi minum, lalu disuruh berdiri lagi.

Korban Luka-Luka

Kemudian 14 tersangka yang merupakan anggota perguruan bela diri di Solo melakukan tindak pidana kekerasan terhadap korban. “Ada yang memukul, menendang, mematikan atau menyulutkan puntung rokok ke tangan korban,” kata Ade.

Akibat tindak kekerasan tersebut korban mengalami lebam pada kepala bagian belakang sebelah kiri, memar di dada, memar tangan kiri, bengkak kaki kiri, serta lebam kaki kanan. Kemudian korban melapor ke polisi pada Selasa (26/4/2022).

Baca Juga: PPDB TK, SD, SMP Kota Solo Akan Dimulai Tanggal Ini, Siap-Siap Ya!

Menurut Ade, 14 tersangka yang ditangkap terdiri atas 11 orang dewasa dan tiga remaja di bawah umur. Selain itu dua dari 14 tersangka berjenis kelamin perempuan.

Perincian data tersangka meliputi IFL, warga Jebres; AFS, warga Jebres; MAA, warga Mojolaban, Sukoharjo; ZRK, warga Pasar Kliwon. Kemudian BPM, warga Pucangsawit; KFS, warga Polokarto; AN, warga Sewu, Solo; ASJ, warga Pasar Kliwon; MDP, warga Polokarto; YS, warga Panularan, dan MI, warga Sewu.

Tiga tersangka lainnya yang masih di bawah umur yakni RS, MRD, serta DP. Para tersangka dijerat Pasal 170 ayat (2) ke 1e KUHP jo Pasal 170 ayat (1) KUHP dengan ancaman penjara paling lama lima tahun enam bulan. “Penangkapan tersangka pada Sabtu, 20 Mei 2022, di rumah masing-masing,” ujar Ade.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

27 Tahun Ngaspal Jalanan, Sopir Bus Bumel Setan Wonogiri Tetap Setia

Seorang sopir bus bumel rute Solo-Wonogiri yang disebut sebagai bus setan setia mengaspal jalanan selama 27 tahun terakhir.

Bakul Sapi Minta Penutupan Pasar Hewan Boyolali Tak Diperpanjang Lagi

Dibanding opsi penutupan pasar hewan di Boyolali, Juni memilih mengusulkan pengetatan aturan saat sapi-sapi masuk.

Jembatan Mojo Solo Kembali Mulus Akhir November, Begini Tahapannya

Rencana pembongkaran sampai pemasangan kembali Jembatan Mojo Solo akan dimulai 5 September sampai 6 November 2022 sehingga bisa kembali dilalui kendaraan pada akhir November 2022.

PMK Merajalela, Belasan Peternak Sapi di Karanganyar Malah Tolak Vaksin

Sejumlah peternak di Karanganyar menolak sapi mereka diberi vaksinasi untuk mencegah tertular penyakit mulut dan kuku (PMK).

Sepi Penumpang, Kru Bus Bumel Solo-Wonogiri Kudu Setoran Rp1 Juta/Hari

Awak bus bumel jurusan Solo-Wonogiri harus setoran minimal Rp1 juta per hari kepada juragan meskipun sepi penumpang.

Perdana! 101 Ekor Sapi Ternak di Karanganyar Disuntik Vaksin PMK

Dispertan PP Kabupaten Karanganyar mulai melaksanakan vaksinasi perdana penyakit mulut dan kuku atau PMK bagi hewan ternak sapi pada Rabu (29/6/2022).

Bus Bumel Solo-Wonogiri Pernah Jaya, Kini: Hidup Segan Mati Tak Mau

Bus bumel jurusan Solo-Wonogiri yang pernah berjaya hingga awal 2000 kini sangat memprihatinkan.

Ngebut, Internet XL Axiata di Jalur KRL Solo-Jogja Waz Wuzzz.. 

Jaringan internet XL Axiata di sepanjang jalur KRL Solo-Jogja terus ditingkatkan agar kecepatannya stabil dan terus ngebut.

Area Car Free Sunday Wonogiri Akan Bebas Asap Rokok, Anda Setuju?

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, meminta agar area Car Free Sunday (CFS) di Wonogiri menjadi ruang yang ramah anak, yakni melarang pengunjung merokok.

Memaknai Acara Bur-Buran Ayam Nadaran Pada Tradisi Mondosiyo

Acara bur-buran ayam nadaran atau melepas ayam dalam tradisi Mondosiyo memiliki makna filosofis bagi warga Pancot, Tawangmangu, Karanganyar yang menggelarnya.

Hore! Pasar Hewan di Klaten Sudah Buka Hari Ini, Cek Dulu SOP-nya

Pemkab Klaten kembali membuka seluruh pasar hewan di Klaten mulai Rabu (29/6/2022) setelah ditutup selama lebih dari sebulan untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Mondosiyo Sudah Jadi WBTB, Warga Karanganyar Minta Dukungan Pemerintah

Warga Pancot, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar meminta peran lebih pemerintah dalam pengembangan Mondosiyo setelah tradisi turun temurun ini ditetapkan menjadi warisah budaya tak benda.

Jembatan Jurug B Solo Dibongkar 1 Oktober 2022, Begini Rencananya

Pemerintah bakal membongkar jembatan Jurug B selama tiga bulan, yakni pada 1 Oktober 2022 sampai 17 Januari 2023 dan pengalihan arus lalu lintas juga mulai 1 Oktober 2022.

Kasus PMK di Sragen Hampir 1.000 Ekor, Pasar Hewan Tetap Dibuka 5 Juli?

Kasus penyakit mulut dan kuku atau PMK di Kabupaten Sragen terus bertambah hingga mendekati angka 1.000 ekor, tetapi Pemkab berencana membuka pasar hewan mulai 5 Juli 2022.

Bagus Setyawan Jabat Danyonif Mekanis Raider 413/Bremoro

Letkol (Inf) Anggun Wuriyanto menyerahkan jabatan Danyonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad kepada Mayor (Inf) Bagus Setyawan dalam upacara sertijab, Selasa (28/06/2022).