Tutup Iklan

136.103 Ha Lahan Pertanian di Lamongan Diasuransikan, Ini Maknanya

Produk asuransi pertanian kian diminati kalangan petani di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Hal itu terlihat dari pengguna asuransi pertanian di Lamongan yang  meningkat cukup tinggi, dari awalnya hanya 43.000 hektare, menjadi sekitar 136.103 hektare lahan.

136.103 Ha Lahan Pertanian di Lamongan Diasuransikan, Ini Maknanya

SOLOPOS.COM - Ilustrasi petani bercengkerama di sawah. (Solopos-Nadia Lutfiana Mawarni)

Solopos.com, LAMONGAN -- Produk asuransi pertanian kian diminati kalangan petani di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Hal itu terlihat dari pengguna asuransi pertanian di Lamongan yang  meningkat cukup tinggi, dari awalnya hanya 43.000 hektare, menjadi sekitar 136.103 hektare lahan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tanaman Pangan Perkebunan dan Hortikultura (TPHP) Kabupaten Lamongan Rujito mengatakan berdasarkan data musim tanam Oktober 2017 hingga Maret 2018, luas lahan pertanian yang diasuransikan melalui program Pengembangan Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) masih sekitar 43.000 hektare.

Luasan itu dengan klaim yang dibayarkan pada musim tanam mencapai Rp712.000.000, setelah melalui survei kerusakan dengan pelaksana program PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo).

Namun, menurut dia, jumlah itu meningkat pada musim tanam pertama dan kedua tahun 2018 dengan lahan pertanian yang diasuransikan mencapai luasan 136.103 hektare.

"Biasanya petani hanya pada musim tertentu mengasuransikan lahan pertaniannya, seperti jika dirasa akan terjadi banjir atau serangan hama," katanya di Lamongan, Selasa (15/1/2019). 

Rujito menguraikan peningkatan itu disambut positif oleh pemkab, sebab dengan semakin banyaknya lahan pertanian yang diasuransikan, bisa mengantisipasi risiko gagalnya pertanian akibat bencana alam atau serangan hama.

"Artinya, ini adalah bagian dari prinsip petani modern, dengan membentengi diri agar tidak berutang kepada tengkulak jika mereka mengalami gagal panen," katanya.

Rujito menjelaskan sesuai aturan, lahan pertanian yang dapat diklaimkan harus memiliki kerusakan minimal 75 persen. Kerusakan atau gagal panen tersebut bisa dikarenakan hama, baik itu tikus atau wereng, serta musibah banjir maupun kekeringan.

"Petani yang ingin mengasuransikan lahan pertaniannya bisa mendaftar pada Dinas TPHP dengan membayar Rp36.000 tiap musim tanam. Setelah premi dibayarkan akan keluar polis yang berlaku selama satu musim tanam, yakni empat bulan," katanya.

Rujito mengatakan premi yang dibayarkan sangat rendah karena telah mendapat subsidi dari pemerintah, dari seharusnya Rp180.000 setiap hektare.

Sementara itu, untuk harga pertanggungan yang akan diterima petani jika sawahnya mengalami 100 persen kerusakan adalah sebesar Rp6 juta/hektare. Jika tidak terjadi kerusakan, maka premi hangus.

"Kami targetkan pada tahun 2019 bisa mencapai 50.000 hektare luas lahan pertanian yang diasuransikan. Dan kami saat ini masih menunggu daftar luas lahan yang di-approve oleh PT Jasindo," tuturnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Berita Terkait

Berita Terkini

10 Berita Terpopuler : Saminisme Ajaran Asli Indonesia - Mahasiswi Terjun ke Sungai

Ulasan tentang ajaran saminisme hingga mahasiswi nekat terjun ke sungai dari jembatan masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Ada Pemberlakuan Aturan Baru Aktivitas Publik di Banyumas

Sejumlah langkah tegas disiapkan Pemkab Banyumas untuk membatasi aktivitas publik masyarakat selama pandemi Covid-19.

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.

Aplikasi Simpati Diluncurkan, Isinya Informasi Lengkap Soal Wisata Sragen

Aplikasi Simpati bisa diakses melalui laman simpati.sragenkab.go.id serta juga bisa diunduh di playstore dengan nama Sragen Tourism.

Belgia Lolos ke 16 Besar, Ini Klasemen Grup B Euro 2020

Hasil ini membuat Belgia lolos ke 16 besar sementara Denmark hampir pasti tersingkir di fase grup.

Uposotha Mandala Puja, Ritual Perenungan Diri Umat Buddha

Ritual ini bernama upacara Uposotha Mandala Puja yang diadakan setiap dua kali sebulan pada tanggal satu dan tanggal lima belas  bulan lunar penanggalan Jawa.

Tertular Cacar Langka dari Kucing, Wanita Ini Terancam Buta

Kasus cacar sapi pada manusia meskipun langka namun berpotensi ada kasus serupa di masa depan.

De Bruyne Jadi Pembeda Belgia

Dengan kemenangan ini, Belgia pun menjadi tim kedua setelah Italia yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Pentingnya Membangun Impresi yang Baik Untuk Meraih Sukses

Cara membangun impresi yang baik dipaparkan dalam webinar bertajuk Making a Good Impression to be Impactful in New Normal Era.

Cetak Dua Gol, Denzel Dumfries Aktor Krusial di Balik Kemenangan Belanda

Bek kanan Belanda Denzel Dumfries mengguncang Euro 2020 dengan mencetak dua gol. Si "man-of-the-match" ini juga merancang dua gol lain lewat assist-nya.

Belanda 2-0 Austria: Makin Mantap, De Oranje ke 16 Besar Euro 2020

Untuk kali pertama dalam 13 tahun terakhir Belanda lolos ke-16 besar Euro setelah tersingkir pada fase grup Euro 2012 dan tidak lolos ke putaran final dalam edisi 2016 turnamen ini.