SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Sebanyak 1.350 orang pendaftar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Sragen mengawali ujian computer assisted test (CAT) untuk tiga sesi pada hari pertama di GOR Diponegoro Sragen, Jumat (26/10/2018).

Dari sembilan kabupaten/kota yang akan menggelar tes CAT CPNS di Sragen, baru enam kabupaten/kota yang sudah dapat jadwalnya per Kamis (25/10/2018).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Penjelasan itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sragen, Sarwaka, saat ditemui Solopos.com di GOR Diponegoro Sragen, Kamis.

Dia menjelaskan semua informasi terkait tes CPNS untuk para pendaftar seleksi CPNS Sragen sudah tercamtum di laman resmi bkpp.sragenkab.go.id. Dia menjelaskan di laman resmi tersebut sudah ada daftar peserta tes CPNS per sesi by name, standard operating procedure (SOP) CAT, dan denah lokasi GOR Diponegoro Sragen.

“Hari pertama, Jumat besok, jadwalnya untuk pelamar CPNS Sragen. Pada hari pertama hanya tiga sesi yang diikuti 450 orang per sesi atau 1.350 orang per tiga sesi,” jelas Sarwaka.

CAT sesi pertama pukul 08.00 WIB-09.30 WIB. CAT sesi kedua pukul 10.00 WIB-11.30 WIB. CAT sesi ketiga pukul 14.00 WIB-15.30 WIB

Jadwal CAT CPNS itu, jelas dia, ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Jadwal CAT CPNS daerah secara berurutan sesuai informasi yang diterima Sarwaka dari BKN baru menyebut enam kabupaten/kota, yakni Sragen, Solo, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Grobogan.

Dia mengatakan pada Sabtu (27/10/2018) CAT CPNS dilakukan penuh lima sesi sampai hari terakhir CAT. Mulai Sabtu, CAT tetap dimulai pukul 08.00 WIB dan selesai hingga pukul 21.00 WIB.

“Khusus pelamar CPNS Sragen, CAT dilaksanakan dua hari, yakni tiga sesi pada Jumat besok. Sisanya pada Sabtu ada empat sesi. Pada sesi keempat Sabtu diikuti dua daerah, yakni 222 pelamar CPNS Sragen dan 228 pelamar CPNS Solo,” ujarnya.

Dia menjelaskan sebelum CAT, peserta wajib melaksanakan SOP mulai dari penitipan barang hingga pengarahan dari BKN. Dia menekankan peserta wajib membawa kartu tanda penduduk (KTP) asli dan nomor ujian asli.

Hal itu diperlukan saat registrasi. “Kami menyiapkan lima meja registrasi di lobi depan pintu masuk GOR. Setiap meja digunakan untuk registrasi 30 peserta,” katanya.

Fasilitas toilet sudah disiapkan petugas ada 17 lokasi di dalam GOR, enam unit toilet portabel di luar GOR, toilet musala dua lokasi, dan toilet gedung badminton empat lokasi.

Ruangan CAT juga dilengkapi fasilitas pendingin udara portabel. BKN menyediakan 450 laptop. Setiap peserta CAT duduk berderet. Jarak antarpeserta CAT hanya satu meter.

“Kami sudah menyiapkan meja dan kursinya sesuai dengan jumlah peserta. Untuk tim IT [information technology] berasal dari Bandung. Mereka mulai menata jaringan dan server pada hari ini. Jumlah tim IT sebanyak 10 unit,” ujar Pasi Pers Kodim 0725/Sragen Kapten (Arm) Budiyanto mewakili Dandim Sragen saat berbincang dengan Solopos.com di GOR Sragen.

Budi menjelaskan perlengkapan meja dan kursi yang menyiapkan Kodim Sragen. Dia mengatakan perlengkapan meja dan kursi diangkut menggunakan truk operasional Kodim.

Jadwal CAT CPNS 2018 di GOR Diponegoro Sragen

No. Kabupaten /Kota Jumlah Sesi Jumlah Peserta
1.  Sragen  2.922
2.  Solo  17  7.115
3.  Boyolali  13 5.365
4.  Klaten  9 3.938
5.  Sukoharjo  13 5.433
6.  Grobogan  13 5.534
Total 72 30.307

Keterangan:
*Jadwal CAT CPNS untuk Kabupaten Karanganyar, Wonogiri, dan Blora menyusul.
Sumber: Panitia Seleksi CPNS 2018. (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya