SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Sebanyak 13.000 siswa dari 103 SD/MI di 13 kecamatan di Kabupaten Karanganyar menjadi sasaran penerima program makanan tambahan anak sekolah (PMT-AS) tahun 2009.

Dana PMT-AS tahun 2009 yang dialokasikan untuk siswa SD/MI total senilai Rp 780 juta dari APBD II Kabupaten Karanganyar. Dana tersebut digunakan untuk pemberian makanan tambahan atau kudapan siswa dengan indeks Rp 2.000/siswa, yang diberikan sebanyak 30 kali pemberian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penyaluran bantuan PMT-AS itu secara simbolis dilakukan oleh Bupati Karanganyar Rina Iriani kepada perwakilan sekolah di Pendapa Rumah Dinas Bupati, Jumat (21/8).

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karanganyar, Larmanto, penyaluran dana PMT-AS tahun 2009 dilakukan dengan cara ditransfer di BKK. Untuk itu, SD/MI harus membuka rekening di BKK terlebih dahulu.

“Aturannya memang demikian. Untuk penyaluran dana PMT-AS tahun 2009 dilakukan dengan cara ditransfer di BKK,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Rina Iriani, meminta data sasaran penerima PMT-AS Kabupaten Karanganyar supaya dievaluasi. Sebab, diduga kuat data penerima PMT-AS itu belum pernah berubah selama ini, sejak program itu dilaksanakan pada tahun 2007 lalu.

“Padahal, belum tentu sekolah yang dulunya memenuhi syarat sebagai penerima PMT-AS, sampai saat ini kondisinya tetap sama. Anak-anak sekolah yang menerima PMT-AS juga apakah tetap sama kondisinya, sehingga terus menerima makanan tambahan. Kalau memang sekolahnya sudah maju, atau anak-anaknya sudah baik gizinya, bukankah lebih baik alokasinya untuk anak-anak yang lain yang sekiranya membutuhkan. Misalnya, untuk anak-anak PAUD atau yang lain,” kata Rina.

Selain itu, pihaknya juga meminta para pengusaha di Karanganyar untuk turut berpartisipasi dan peduli dengan anak-anak sekolah, minimal di lingkungan sekitar. Jangan sampai semua beban anggaran untuk perbaikan gizi anak semata-mata dibebankan pada APBD.

dsp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya