SOLOPOS.COM - Sebanyak 130 pengusaha asal Singapura tiba di Balikpapan untuk mengunjungi proyek Ibu Kota Nusantara, Selasa (30/5/2023). (Istimewa)

Solopos.com, BALIKPAPAN — Sebanyak 130 pengusaha asal Singapura tiba di Balikpapan untuk mengunjungi proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) Selasa (30/5/2023). Kehadiran mereka untuk melihat langsung peluang bisnis yang mungkin bisa dikembangkan.

Perjalanan bertajuk Singapore Mission to Nusantara merupakan tindak lanjut dari hasil Leaders Retreat antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong yang menyatakan dukungan Singapura bagi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Duta Besar Indonesia, Suryo Pratomo, menuturkan para pengusaha Singapura tertarik untuk menjajaki peluang bisnis di IKN setelah mendapat penjelasan public expose sebanyak dua kali di Singapura belum lama ini.

Kunjungan ke proyek IKN itu diperlukan agar para pengusaha tersebut bisa mengetahui lebih jauh peluang bisnis yang bisa mereka lakukan di kawasan IKN.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pembangunan Ibu Kota Nusantara merupakan proyek terbesar di Asia Tenggara dengan nilai mencapai 32 miliar dollar AS. Bagi pengusaha ini tentunya merupakan peluang bisnis yang luar biasa, karena pemerintah hanya akan membangun fasilitas untuk gedung dan perkantoran pemerintahan. Investasi lainnya akan ditawarkan kepada swasta, baik dalam maupun luar negeri,” ujar pria yang akrab disapa Tommy ini, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (30/5/2023).

Setelah mendengarkan pemaparan dari Direktur Jenderal Cipta Karya dan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, para pengusaha itu lalu ingin melihat langsung proyek pembangunan IKN. Hal itu terbukti dengan tingginya minat untuk ikut dalam kunjungan kali ini.

Seeing is believing. Melihat langsung dengan mata kepala sendiri, para pengusaha akan tahu bahwa proyek Ibu Kota Nusantara bukan hanya harapan, tetapi sudah dimulai pembangunannya. Garuda Indonesia juga mendukung kegiatan ini dengan menyediakan penerbangan khusus Singapura-Balikpapan agar para pengusaha tidak perlu transit dulu di Jakarta,” jelas Tommy.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono, Selasa (30/5/2023) pagi, tiba di Balikpapan untuk menyambut kedatangan para pengusaha Singapura.

“Kami mengapresiasi kunjungan dalam jumlah besar pengusaha dari Singapura. Saya tentunya harus menyambut mereka dan mempersiapkan kunjungan ke lokasi sehingga para pengusaha tahu apa yang sedang dikerjakan serta akan dikerjakan hingga pembangunan Ibu Kota Nusantara ini selesai keseluruhannya pada saat peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia kelak,” ujar Menteri Basuki.

Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng bahkan sejak Senin (29/5/2023), sudah tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur. Ia akan mendampingi para pengusaha dari Singapura untuk kunjungan ke Nusantara, Rabu (31/5/2023).

Menurut rencana Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan hadir saat para pengusaha Singapura berada di IKN. Menteri Luhut ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Satuan Tugas Percepatan Pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Para pengusaha dari Singapura yang hadir di Balikpapan datang dari berbagai latar belakang. Dari lembaga Pemerintah Singapura hadir Enterprise Singapura. Kalangan pengusaha lainnya bergerak di bidang energi, transportasi, logistik, konstruksi, properti, perdagangan, dan keuangan.

Ang Boon Kian dari SPIC yang ikut dalam rombongan mengatakan tertarik untuk investasi di bidang energi, khususnya energi tenaga surya di Nusantara.

“Kami sudah dua kali berkunjung ke Jakarta dan bertemu para pejabat dari IKN. Kali ini saya berharap bisa melihat langsung lokasi karena kami benar-benar ingin ikut investasi di bidang energi di Nusantara,” ujar Ang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya