SOLOPOS.COM - Ilustrasi melawan Covid-19. (freepik)

Solopos.com, SOLO – Munculnya kasus Covid-19 dari klaster keluarga di Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo, ppatut diwaspadai. Kasus ini disebut sebagai klaster keluarga terbesar dalam catatan Satgas Covid-19 Solo.

Dalam kasus tersebut sebanyak 12 orang dalam satu keluarga yang tinggal di satu rumah terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, Kamis (10/9/2020).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebanyak 12 orang itu merupakan kontak erat dari kasus ke-397, pasien suspek yang naik kelas jadi kasus konfirmasi pada 1 September 2020. Siti Wahyuningsih mengatakan 12 kasus itu berasal dari satu lapisan tracing.

Jago Bela Diri hingga Main Burung, Ini 5 Fakta Unik Nunggal Si Preman Solo Pimpinan Gondhez’s

“Ada 15 orang yang kami tracing. Nah, 12 di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19. Tiga lainnya negatif. Jadi, klaster keluarga dari Kelurahan Nusukan itu totalnya 13 orang,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Kamis malam.

Dia menambahkan klaster Nusukan ini merupakan kasus Covid-19 terbesar di Kota Solo dalam kategori keluarga. “Boleh dibilang terbesar, karena catatan kami yang terbesar enggak pernah tembus angka itu,” sambung dia.

Dari 13 kasus tersebut, empat pasien dirawat di RSUD  dr Moewardi lantaran mengalami gejala klinis. “Dari 13 kasus, 4 di antaranya bergejala sehingga dirawat di RSUD dr. Moewardi dan sisanya isolasi mandiri di rumah,” imbuhnya.

Awas! Razia Masker di Solo Dimulai Sore Ini, Melanggar Dihukum Bersihkan Sungai 

Diberitakan sebelumnya, kasus positif Covid-19 di Kota Solo per Kamis mencapai angka  517. Hal itu setelah adanya tambahan 18 kasus anyar. Diketahui, sebanyak 12 di antaranya berasal dari klaster keluarga di Nusukan.

Dengan tambahan 18 pasien anyar, kumulatif

Covid-19 di Kota Solo menjadi 517 orang. Perinciannya, 366 sembuh/pulang, 97 isolasi mandiri, 32 rawat inap, dan 22 meninggal dunia. Sehingga, jumlah kasus aktif tersisa 129 orang.

Sedangkan catatan kumulatif pasien suspek menyentuh 1.126 orang, dengan rincian 1.056 discard, 16 dirawat inap (suspek aktif), 1 isolasi mandiri, dan 53 suspek meninggal dunia.

Pulang ke Solo, Ini Kuliner Andalan Titiek Soeharto 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya