SOLOPOS.COM - Kofi Annan (Wikipedia)

kofi annan (wikipedia.org)

Kofi Atta Annan (lahir di Kumasi, Ghana, 8 April 1938) adalah diplomat asal Ghana yang menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) ketujuh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Annan terpilih oleh Dewan Keamanan (DK) PBB menjadi Sekjen PBB pada 13 Desember 1996 dan dikukuhkan empat hari kemudian lewat pemungutan suara di Majelis Umum.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Annan memulai masa jabatannya yang pertama sebagai Sekjen PBB pada 1 Januari 1997. Annan yang menjadi orang pertama dari sebuah negara Afrika Hitam sebagai Sekjen PBB, menggantikan Boutros Boutros-Ghali dari Mesir, yang berakhir masa jabatannya.

Ekspedisi Mudik 2024

Annan menjabat Sekjen PBB selama dua kali periode hingga 31 Desember 2006, yang kemudian digantikan Ban Ki-moon pada 1 Januari 2007. Annan pernah meraih Penghargaan Nobel Perdamaian pada 2001.

Sejak Juni 2007, ia memimpin Aliansi untuk Revolusi Hijau di Afrika, sebuah organisasi yang bertujuan meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan di Afrika sekaligus melawan kelaparan, kekurangan persediaan air bersih, dan erosi tanah. Organisasi itu dibentuk pada 2006 oleh Yayasan Bill dan Melinda Gates serta Yayasan Rockefeller dengan dana bantuan US$150 juta.

Tokoh yang fasih berbahasa Inggris, Prancis, Kru, dialek-dialek lain dari bahasa-bahasa Akan dan bahasa-bahasa Afrika lainnya ini sempat pula menjadi utusan khusus PBB dan Liga Arab untuk Perdamaian Suriah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya