13 Desa di Wonogiri Ini Belum Terjangkau Sinyal Seluler

 Ilustrasi menara operator seluler (JIBI/Solopos/Dok)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi menara operator seluler (JIBI/Solopos/Dok)

Sebanyak 13 desa di 5 kecamatan di Wonogiri masih blank spot alias belum terjangkau sinyal seluler.

Solopos.com, WONOGIRI — Warga 13 desa di lima kecamatan bagian selatan dan timur Wonogiri kesulitan berkomunikasi karena belum terjangkau sinyal seluler alias blank spot. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri belum dapat mengatasi masalah itu karena keterbatasan anggaran.

Promosi”Filipinaisasi” Indonesia

Kasi Pos dan Telekomunikasi Bidang Komunikasi dan Informatika Dishubkominfo Wonogiri, Tarjo, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Jumat (4/11/2016), menyampaikan berdasar pendataan, desa yang masih blank spot itu meliputi Bayemharjo, Tlgosari, dan Tlogoharjo di Kecamatan Giritontro; Desa Gunturharjo, Gendayakan, dan Songbledeg di Kecamatan Paranggupito; dan Desa Purwoharjo di Kecamatan Karangtengah.

Desa lainnya yang belum terjangkau sinyal seluler yakni Kepuhsari, Pijiharjo, dan Gunungan di Kecamatan Manyaran, serta Sukorejo, Golo, dan Nguneng di Kecamatan Puhpelem.

Sinyal tak bisa menjangkau karena wilayah tersebut berada di sekitar pegunungan sehingga sinyal yang dipancarkan dari menara pemancar di desa lain tak bisa masuk ke wilayah tersebut. Tarjo menyebut di desa-desa itu ada yang total blank spot dan ada pula yang kadang mendapat sinyal.

Warga desa melalui pemerintah desa masing-masing sudah menyampaikan surat keluhan ke Pemkab. Warga mengeluh susah berkomunikasi. Apabila ingin berkomunikasi mereka harus susah payah mencari sinyal di pegunungan.

Atas hal itu, kata Tarjo, Dishubkominfo menindaklanjuti dengan mengadakan pendataan blank spot dan mengkaji lokasi yang memungkinkan didirikan menara telekomunikasi. Berdasar kajian teknis, masing-masing lokasi blank spot di tiap kecamatan setidaknya membutuhkan satu unit menara untuk dipasangi pemancar sinyal operator.

Di Giritontro butuh satu unit menara di Desa Bayemharjo untuk menjangkau Tlogosari dan Tlogoharjo. Sedangkan di Paranggupito butuh menara di masing-masing desa blank spot karena jarak antara desa satu dengan lainnya sangat jauh.

Khusus di Karangtengah, butuh dua unit menara di Purwoharjo karena pemancar di menara wilayah lain tak bisa terkoneksi jika di desa itu hanya ada satu menara. Pegunungan di Purwoharjo sangat tinggi.

Dua tower itu satu untuk interkoneksi dari pemancar di lokasi lain dan satunya lagi untuk memancarkan sinyal ke Purwoharjo. Di Manyaran butuh satu unit menara di Puhsari untuk menjangkau Pijiharjo dan Gunungan. Sedangkan di Puhpelem butuh satu menara di Sukorejo untuk menjangkau Golo dan Nguneng.

“Kami sudah mengajukan permohonan pendirian menara ke Kementerian Kominfo melalui Program Kewajiban Pelayanan Universal, September lalu, dan ke PT Telkom. Jika disetujui dan menara didirikan, pemerintah akan meminta operator memasang pemancar di tower baru itu,” terang Tarjo.

Kasi Telematika Dishubkominfo, Supriyono, mengatakan Pemkab belum dapat mendirikan menara secara mandiri karena keterbatasan anggaran. Pendirian satu unit menara setidaknya membutuhkan dana Rp1 miliar.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Waspadai Virus Cacar Monyet

Tidak ada pengobatan spesifik yang dilakukan pada orang yang terinfeksi virus cacar monyet.

One Stop Dental Care Rumah Sakit JIH Solo, Atasi Tuntas Masalah Gigi

Rumah sakit JIH Solo menawarkan One Stop Dental Care dengan lima spesialisasi kedokteran gigi yang mumpuni untuk memberikan pelayanan dan menangani semua permasalahan gigi.

KPU Sukoharjo Bocorkan Cara Memelihara Data Pemilih, Begini Lo...

Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan beberapa cara memutakhirkan atau memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT), salah satunya untuk mempersiapkan Pemilu 2024.

Simak! Inilah Daftar SMK Negeri di Kabupaten Boyolali

Berikut daftar SMK Negeri yang tersebar di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Solopos Hari Ini: Menkeu Minta Tambah Rp275 T

Pemerintah menyodorkan dua pilihan sebagai respons terhadap tingginya harga minyak dunia. Pilihan itu yakni menambah anggaran Rp275 triliun untuk subsidi dan kompensasi energi 2022 atau harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif listrik naik.

Menikmati Indahnya Alam Borobudur dari Bukit Dagi Magelang

Terletak di ketinggian 275 meter, Bukit Dagi merupakan tempat terbaik di Borobudur untuk menikmati sunsrise

Ada 3 Metode Pembayaran Jalan Tol Via MLFF, Ini Perbedaannya

Ada tiga metode pembayaran jalan tol setelah sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh atau MLFF berlaku pada akhir 2022.

Bupati Banjarnegara Kepala Daerah Termiskin di Jateng, Segini Hartanya

Syamsudin, Plh Bupati Banjarnegara mendapatkan predikat kepala daerah termiskin di Jawa Tengah (Jateng) berdasar LHKPN KPK.

Pemkab Wonogiri Berniat Hentikan PTM Terbatas, Lo... Kenapa?

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berniat menghentikan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT).

Sejarah Tugu Lilin, Dibangun di Solo setelah Gagal di Beberapa Kota

Sebelum dibangun di Solo, Tugu Lilin gagal dibangun di beberapa kota seperti Batavia, Surabaya, dan Semarang.

Catat Gaes, Ini Daftar Lengkap SMA Negeri di Boyolali

Inilah daftar SMA Negeri di Kabupaten Boyolali.

Terbaru! Laka Kereta Kelinci di Andong Boyolali, Begini Kondisi Sopir

Sopir kereta kelinci yang terlibat kecelakaan maut di wilayah Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah pada Rabu (11/5/2022) belum dapat dimintai keterangan karena masih sakit.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (20/5/2022): Ada 1 Film Baru, Mau Nonton?

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Jumat, 20 Mei 2022 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Apa saja film yang tayang?

Lirik Lagu Sakit Rindu - Yeni Inka feat Kevin Ihza

Di bawah ini terdapat lirik lagu Sakit Rindu dari Yeni Inka feat Kevin Ihza, yang telah tayang pada Jumat, 3 Mei 2022 dan ditonton lebih dari 330.000 kali.

Pasar Gelap Masih Membayangi, GIMNI Usul Minyak Goreng Curah Disetop

Direktur Eksekutif GIMNI Sahat Sinaga mengeluhkan keberadaan black market atau pasar gelap yang membuat harga di pasaran terdistorsi.