SOLOPOS.COM - Jadwal prakiraan gerhana matahari cincin versi BMKG Jateng, (Antara-BMKG Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika alias BMKG Jawa Tengah memprakirakan 13 wilayah di Jateng bakal dilintasi fenomena alam gerhana matahari cincin. Gerhana matahari tersebut bakal melintas Minggu (21/6/2020).

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko di Kota Semarang, Jateng, Sabtu (20/6/2020), mengatakan durasi terjadinya gerhana matahari tersebut bervariasi untuk tiap-tiap daerah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Solo, Kru Sara Wijayanto Diganggu Makhluk Halus saat Penelusuran

Ke-13 daerah yang akan dilintasi fenomena gerhana matahari tersebut masing-masing Kota Semarang, Kabupaten Pekalongan, Batang, Kendal, Demak, Kudus, Jepara, Pati, Purwodadi, Sragen, Rembang, dan Blora.

Ia menjelaskan peristiwa alam tersebut bisa mulai dinikmati sekitar pukul 14.59 WIB. “Durasinya bervariasi, antara lima hingga 35 menit,” katanya.

Pati Paling Awal

Ia mencontohkan Kabupaten Batang yang diprakirakan terjadi gerhana matahari mulai pukul 15.14 WIB dengan durasi sekitar lima menit. Sementara itu, Kabupaten Pati yang akan mulai terjadi gerhana pada pukul 15.01 WIB dengan durasi sekitar 35 menit.

Lelaki Tua di Kudus Meninggal Mendadak saat Kendarai Motor

Gerhana matahari cincin merupakan fenomena yang terjadi ketika posisi matahari, bumi dan bulan tepat segaris, sehingga piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dari matahari.

Pada saat mencapai puncak gerhana, matahari yang tampak di sebagian Jateng akan tampak seperti cincin. Pada saat itu bayangan gelap pada bagian tengah dan terang pada bagian tepi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya