SOLOPOS.COM - Penyerahan bantuan dari UPK DAPM Mutiara Abadi kepada penyandang disabilitas dan anak yatim di kantor UPK setempat, Jumat (17/3/2023). (Istimewa/UPM DAPK Mutiara Abadi)

Solopos.com, BOYOLALI – Unit Pengelola Kegiatan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (UPK DAPM) Mutiara Abadi Boyolali menyalurkan bantuan sosial bagi penyandang disabilitas atau difabel dan anak yatim di wilayah Ampel dan Gladagsari pada Jumat (17/3/2023).

Dalam acara yang digelar di Kantor UPK DAPM Mutiara Abadi di Ampel, Boyolali, tersebut dihadiri Kepala Dispermasdes Boyolali, Forkopimca Ampel, beberapa kepala desa, dan penerima bantuan. Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com pada Senin (20/3/2023), UPK DAPM Mutiara Abadi bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Ampel menyalurkan bantuan sosial sebesar Rp34.075.000 untuk penyandang disabilitas dan anak yatim.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Total ada 127 orang yang mendapatkan bantuan yang bersumber dari Sisa Hasil Usaha (SHU) alokasi dana sosial. Dari dana tersebut, UPK DAPM Mutiara Abadi Boyolali memberikan satu unit knee foot orthosis, dua unit ankle foot orthosis, tiga unit kursi roda, 20 paket bantuan sembako, dan santunan 100 paket untuk anak yatim. Santunan anak yatim dipilih dari 20 desa yang ada di di Ampel dan Gladagsari.

Manager UPK DAPM Mutiara Abadi Boyolali, Budi Nuryanto, mengungkapkan UPK DAPM akan selalu hadir ketika dibutuhkan masyarakat. “Sebagaimana yang telah kami lakukan beberapa waktu yang lalu saat terjadi bencana alam puting beliung di Dukuh Tempel, Desa Seboto, UPK DAPM Mutiara Abadi juga berkontribusi, bahkan yang pertama hadir,” jelasnya.

Ia menjelaskan kejadian bencana alam tersebut terjadi pada Sabtu (4/2/2023), kemudian UPK DAPM Mutiara Abadi datang pada Minggu (5/2/2023) dengan menyerahkan uang bantuan sebesar Rp10 juta. Budi mengatakan hal tersebut sebagai bentuk nyata kemanfaatan adanya UPK DAPM Mutiara Abadi bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan sejak 2006 sampai dengan 2022, UPK DAPM telah menyalurkan bantuan sosial sebesar Rp2,2 miliar. “Tepatnya Rp2.245.130.300 dengan jumlah pemanfaat sebanyak 6.813 orang,” terangnya.

Ia mengungkapkan dari jumlah tersebut dipergunakan untuk bantuan modal, ternak, pendidikan, pugar rumah, paket sembako, bantuan biaya hidup, dan lain-lain. Selama masa merebaknya virus Covid-19, Budi juga menerangkan UPK telah membantu mencegah penyebaran virus seperti pemberian bantuan berupa disinfektan, obat-obatan, hazmat, dan perlengkapan lain untuk tenaga kesehatan (nakes)

Tak hanya memberikan bantuan sosial kepada sesama manusia, UPK DAPM Mutiara Abadi juga terus bergerak dalam kegiatan sosial untuk alam. “Ada konservasi alam, kami telah melakukan penghijauan kembali lereng Gunung Merbabu sebanyak tiga kali dengan menanam pohon endemik Gunung Merbabu dan pelepasan satwa liar di Gunung Merbabu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya