SOLOPOS.COM - Seorang penerjun dari Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 474 Korps Paskhas TNI AU Jogja melakukan pendaratan saat latihan terjun payung di Lapangan Terbang (Lapter) Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (8/2/2017). (JIBI/Irwan A. Syambudi)

Sebanyak 126 penerjun mendarat di Lapangan Terbang (Lapter) Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 474 Korps Paskhas TNI AU Jogja menggelar latihan terjun payung di Lapangan Udara (Lanud) Gading, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Sedikitnya 126 penerjun diterbangkan dari Lanud Adisutjipto Jogja dan terjun di Lapter Gading pada Rabu (8/2/2017) pagi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan, Denhanud 474 Korps Paskhas TNI AU Jogja, Kolonel Pas Candra Waskita mengatakan penerjunan ratusan pasukan tersebut dalam rangka latihan dan pembinaan kepada jajaran Denhanud Korps Paskhas 474 Jogja.

“Penerjunan ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali guna memberikan penyegaran kepada seluruh anggota TNI AU,” kata dia kepada waratawan, kemarin.

Sebanyak  126 personil terdiri dari 95 penerjun staktik dari Korps Paskhas TNI AU dan 31 penerjun freefall yang merupakan personi TNI AU terjun di Lanud Gading, mulai pukul 06.20 WIB hingga 07.11 WIB.

Candra mengatakan, sebelumnya seluruh personil terlebih dulu diangkut menggunakan pesawat Hercules  C-130 dengan nomor lambung A-1308 dengan pilot Mayor Penerbang Suryo. Seluruh penerjun diterbangkan dalam dua pernerbangan dari Lanud Adisutjipto Jogja.

Sejumlah penerjun tersebut, kata dia, melakukan penerjunan dari ketinggian 1.000 kaki untuk melakukan terjun statik. Sementara untuk terjun bebas atau free fall, penerjun turun dari ketinggian 4.000 – 8.000 kaki.

Dalam penerbangan pertama sebanyak 52 penerjun dalam dua gelombang sukses melakukan penerjunan. Sedangkan dalam penerbangan kedua, sebanyak 74 penerjun kembali melakukan pendaratan dengan mulus.

Namun dalam penerbangan kedua tersebut  kata Candra dilakukan dengan empat gelombang penerjunan. “Pada gelombamg ketiga dan keempat sebanyak 31 penerjun free fall sukses menaklukan langit Gading,” jelas dia.

Dengan sukesnya penerjunan dan pendaratan ratusan penerjun, diharapkan seluruh anggota Denhanud 474 Korps Paskhas TNI AU Jogja bisa lebih profesional dalam menjalankan tugas sebagai prajurit. Tambahnya lagi adanya latihan rutin juga diharapkan dapat menjadi sarana edukasi masyarakat, untuk mengenal dan mengembangkan minat potensi dirgantara.

Sementara itu, Kepala Keselamatan Kerja Korps Paskhas, Kolonel Pas Novla Mirza, menambahkan, penerjunan tersebut merupakan bagian dari latihan rutin yang dilakukan oleh Denhanud 474 Paskhas.

“Mulai pukul 06.00 WIB tadi pasukan sudah melakukan pendaratan pertamanya di Lanud Gading. Semuanya lancar, seluruh penerjun dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya