SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, KEDIRI — Peringatan hari jadi ke-1.215 Kabupaten Kedri, Jawa Timur, Senin (25/3/2019), dimeriahkan dengan pertunjukan tari masal Cerita Panji yang dibawakan 1.215 penari dari kalangan  pelajar tingkat SD hingga SMA.

Bupati Kediri Haryanti Sutrisno mengatakan kegiatan itu untuk melestarikan kesenian daerah. Masyarakat juga terhibur dengan berbagai kegiatan dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Kediri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ini untuk masyarakat Kabupaten Kediri, jadi sekarang sudah tahu banyak kegiatan hari jadi. Harapan saya, tahun depan dapat dirayakan lebih meriah lagi,” katanya setelah kegiatan tari massal di area Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, Senin.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri Krisna Setiawan mengatakan kegiatan tari massal itu melibatkan 1.215 penari dari pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Kediri.

“Ini persiapannya sudah agak lama, sekitar satu bulan. Semua pelajar dari sekolah di Kabupaten Kediri, dari SD sampai SMA,” kata dia.

Dalam atraksi tari massal itu, mereka membawakan tarian tentang Cerita Panji. Tarian tradisional yang diperagakan antara lain Tari Topeng Panji Gagahan Alus, Panji Laras, hingga Sarinjingku. Penata tari dalam atraksi itu adalah Putri Jania Setyowati, Lucy Oktavia, M. Yahya, dan Agmarila May Rizqi.

Kegiatan tarian tersebut dimulai dengan hastungkara atau doa, dilanjutkan dengan menari massal. Setiap kelompok penari memeragakan tari dengan berbagai cerita. 

Masyarakat juga antusias ingin melihat atraksi tarian massal itu. Sepanjang lokasi di jalan areal SLG Kabupaten Kediri dipenuhi warga yang ingin menonton. Mereka juga mengabadikan kegiatan itu dengan kamera telepon seluler masing-masing.

Krisna berharap kegiatan itu bisa saling meningkatkan tali persaudaraan, terlebih lagi mendekati Pemilu 2019.

Ia menambahkan rangkaian perayaan hari jadi daerah itu sudah dimulai sejak awal Maret 2019. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan, antara lain pameran UMKM dan berbagai macam lomba. Rangkaian acara tersebut rencananya sudah selesai awal April 2019.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya