Kategori: Klaten

120 Orang Kontak Erat 5 Pasien Positif Corona Klaten Klaster Gowa Bakal Jalani Rapid Test


Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso

Solopos.com, KLATEN – Ada 120 orang yang tercatat kontak erat dengan lima peserta Ijtima Gowa asal Klaten yang terkonfirmasi sebagai pasien positif corona. Mereka bakal menjalani pemeriksaan rapid test pada Senin (20/4/2020).

Hal tersebut disampaikan Anggota Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Covid-19, Anggit Budiarto. Saat ini, semua orang yang berkontak erat dengan lima pasien positif corona peserta Ijtima Gowa asal Klaten itu diminta menjalani isolasi mandiri.

“Sebanyak 120 orang itu nanti dilakukan pemeriksaan rapid test pada Senin [20/4/2020]. Semua orang yang memiliki kontak erat dengan merek sudah diminta isolasi mandiri,” terangnya kepada Solopos.com, Sabtu (18/4/2020).

Gugus Tugas Pusat: Prediksi Puncak Kasus Corona Indonesia Mei-Juli, Capai 106.000 Kasus

Sebelumnya ada 13 warga Klaten yang terlacak menjadi peserta Ijtima Ulama di Gowa. Dari jumlah itu, satu orang asal Kecamatan Wonosari meninggal dunia sebelum dilakukan pengambilan sampel swab untuk pemeriksaan laboratorium memastikan terjangkit Covid-19 atau tidak.

Sementara itu, sebanyak 11 orang dilakukan pemeriksaan swab secara bertahap. Dari hasil pemeriksaan swab tersebut, sebanyak lima orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Pria Bogor Meninggal Saat Salat Jumat di Tengah Pandemi Corona Bikin Jemaah Panik dan Bubar

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, lima pasien positif corona di Klaten yang merupakan peserta Ijtima Ulama Gowa berasal dari Kecamatan Juwiring dan Wonosari. Kelima pasien tersebut berjenis kelamin pria berusia antara 40-60 tahun.

Sebanyak dua orang pasien positif corona dari Juwiring saat ini menjalani perawatan di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten. Sedangkan tiga orang dari Kecamatan Wonosari dirawat di RSD Bagas Waras Klaten.

Tenaga Kesehatan Pertama Positif Covid-19 di Soloraya Meninggal Dunia

Kondisi kelima pasien berjenis kelamin laki-laki dan berumur antara 40-60 tahun itu dinyatakan stabil dan dirawat intensif di ruang isolasi rumah sakit.

Dengan penambahan tersebut, total sementara warga Klaten terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak tujuh orang. Dua di antara mereka dinyatakan sudah sembuh.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita