SOLOPOS.COM - ilustrasi (dok Solopos)

ilustrasi (dok Solopos)

Solo (Solopos.com)–Sebanyak 12 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) batik di Solo akan mengikuti pameran Gelar Batik Nusantara, yang dihelat di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (28/9/2011) sampai Sabtu (2/10/2011) mendatang.

Belasan UMKM batik tersebut diseleksi dari ratusan UMKM batik di Solo. Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop & UMKM) Solo, Nur Haryani, saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Selasa (20/9/2011), mengungkapkan 12 UMKM itu diseleksi berdasarkan kekhasan produk batik dan wajah baru, alias UMKM yang selama ini belum berkesempatan mengikuti pameran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, dinas juga berkoordinasi dengan paguyuban batik di masing-masing wilayah, baik itu Kauman maupun Laweyan. Nur mengakui pihaknya memang sengaja memilih UMKM yang menghasilkan produk khas Solo, seperti batik motif sogan, batik pewarna alam, dan semacammya. Pasalnya di pameran tersebut banyak peserta dari daerah lain yang juga mengusung produk khas masing-masing.

“Di sana nanti pesertanya banyak, perajin batik seluruh Indonesia. Jadi, kami ingin UMKM yang ikut ke sana pun memiliki produk yang khas Solo. Tidak sembarangan batik,” kata Nur.

Saat ini, dia menambahkan, Dinkop UMKM Solo telah meminta 12 UMKM batik tersebut segera mempersiapkan diri. Persiapan, jelas dia, tidak hanya dalam hal jumlah produk yang akan diboyong ke Jakarta, namun juga kesiapan kartu nama dan brosur agar saat pameran UMKM bersangkutan bisa sekaligus melakukan promosi. Cara promosi lewat pemeran, diyakininya bakal lebih membawa hasil bagi UMKM, lantaran mereka langsung terhubung dengan pembeli baik dari domestik maupun pembeli dari luar negeri.

(tsa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya