SOLOPOS.COM - Ilustrasi aplikasi pencatatan keuangan (Ilustrasi/Solopos dok)

Solopos.com, SOLO — Menjalankan bisnis tentu saja tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika baru melakukan hal tersebut untuk pertama kalinya. Diperlukan dukungan dari berbagai macam hal termasuk sistem yang memadai dalam menjalankan bisnis tersebut.

Salah satunya yang paling penting yakni memiliki aplikasi pencatatan keuangan paling akurat. Sehingga mampu membantu mencatatkan seluruh transaksi keuangan secara optimal untuk membantu pemilik bisnis melakukan pemantauan yang mudah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tentunya saat ini ada banyak aplikasi pencatatan keuangan untuk mendukung hal tersebut di Indonesia. Namun bisa jadi tidak semua aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan.

Untuk mengurangi kebingungan dalam memilih mana aplikasi yang tepat, berikut ini beberapa aplikasi pencatatan keuangan paling akurat untuk dipertimbangkan.

1. Jurnal by Mekari

Salah satu aplikasi pencatatan keuangan yang sudah tentu akurat sehingga sangat direkomendasikan untuk Anda sekalian adalah aplikasi milik Jurnal by Mekari. Aplikasi ini bisa menjadi solusi yang cukup pintar terutama dalam melakukan pengelolaan terhadap berbagai jenis bisnis online.

Melalui aplikasi tersebut proses pencatatan pembukuan dapat dilakukan tanpa ada kesalahan. Karena itulah aplikasi Jurnal by Mekari bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda sekalian jika memang ingin proses bisnis berjalan secara lebih lancar.

Dengan adanya software ini maka siapapun yang sedang mengelola keuangan dan bisnis bisa menjalankan tugasnya secara lebih mudah.

Ditambah hasil pekerjaan dalam hal pengelolaan keuangan akan tepat bila perhitungannya dilakukan dengan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan tersebut. Yang mana dalam mendukung seluruh manfaat di atas, Jurnal by Mekari dilengkapi dengan fitur-fitur menarik seperti yang tercantum berikut di bawah ini.
? Fitur laporan bisnis dan keuangan
? Fitur produk dan inventory
? Fitur akuntansi
? Fitur biaya dan anggaran
? Fitur kas dan transaksi
? Fitur perpajakan
? Fitur invoice
? Fitur mobile app
Tidak hanya memiliki fitur yang menarik tadi, namun Jurnal by Mekari juga tercatat sebagai pioneer software akuntansi online yang ada di Indonesia. Sehingga bisa dilihat bahwa pengalaman Jurnal by Mekari cukup panjang dan pastinya mampu mengungguli aplikasi sejenis lainnya. Tidak heran jika aplikasi ini sudah dipercaya dan digunakan oleh banyak perusahaan besar yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Aplikasi SPOT Terhubung ke BRI Digital Saving, Ini Keuntungannya

2. Quickbooks

Aplikasi pencatatan keuangan berikutnya adalah Quickbooks. Perangkat lunak yang juga bisa membantu Anda sekalian dalam melakukan proses pembukuan. Perangkat lunak pembukuan Quickbooks sekarang ini tampaknya semakin banyak digunakan. Terutama oleh siapa saja yang memiliki pekerjaan berkaitan dengan bidang pengelolaan keuangan.

Bahkan program yang satu ini mulai banyak digunakan oleh banyak individu untuk melakukan pengelolaan keuangan.

Tidak hanya individu saja yang dapat menggunakan aplikasi pencatatan keuangan ini tetapi juga usaha kecil dan menengah atau UKM juga mulai banyak yang memilih aplikasi ini untuk membantu mengatur keuangannya.

Pengembang layanan aplikasi ini sendiri rupanya juga turut menawarkan program yang dapat memberikan sertifikasi bagi Anda jika bersedia mengikuti program tersebut hingga nantinya Anda dinilai telah berkompeten dalam menggunakan software ini.

3. Odoo Accounting

Hadir pula aplikasi pencatatan keuangan lainnya yang juga bisa menjadi rekomendasi bagi Anda sekalian yaitu Odoo Accounting. Sebenarnya akuntansi sendiri merupakan bagian yang sangat penting terutama dalam hal pengendalian keuangan di berbagai macam perusahaan. Untuk itu Odoo Accounting juga bisa dipilih untuk bisa membantu seseorang dalam mengerjakan akuntansi dan pengelolaan serta pengendalian keuangan.

Pada aplikasi yang satu ini diketahui adanya beberapa konsep mulai dari konsep otomatis jurnal hingga adanya metode akrual dan kas. Selain itu Odoo Accounting juga mengusung konsep multi company serta ulti currency dan standar internasional dan masih banyak konsep lainnya yang dapat mendukung kelancaran pengelolaan dan pengendalian keuangan.

Baca Juga: Keren, Tokopedia Bersama BI dan OJK Luncurkan Modul Literasi Keuangan

4. Wave Application

Aplikasi pencatatan keuangan yang juga merupakan sebuah perangkat lunak akuntansi dan bisa diakses secara online adalah Wave Application. Perangkat lunak aplikasi ini pada dasarnya memang dirancang secara khusus agar bisa digunakan oleh tiap individu atau secara pribadi. Bukan hanya oleh individu saja melainkan berbagai usaha juga boleh saja menggunakan aplikasi ini untuk melakukan hal yang berkaitan dengan akuntansi perusahaan.

Termasuk pula usaha kecil dan bahkan freelancer yang bisa menggunakan Wave Application dengan tujuan untuk mendukung aktivitas penggunaan multi mata uang. Jadi kecanggihan software ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena siapa saja bisa menggunakannya untuk melakukan penanganan terhadap akuntansi ataupun pembukuan pada usaha dan pada kehidupan pribadinya.

5. Slickpie

Software keuangan selanjutnya yang juga banyak disukai oleh kebanyakan orang adalah Slickpie. Siapa saja yang berbicara mengenai keuangan atau mungkin akuntansi biasanya selalu membayangkan berbagai macam angka. Tidak hanya angka saja tetapi segala bayangan mengenai perhitungan angka dan keuangan yang juga tiba-tiba muncul pada pikiran saat membayangkan akuntansi.

Namun dengan adanya software keuangan Slickpie nantinya perhitungan keuangan bisa lebih mudah dan cepat. Terlebih lagi perangkat lunak ini bisa didapatkan secara gratis atau tanpa berbayar.

Dengan menggunakan perangkat lunak Slickpie ini tentu Anda sudah tidak perlu lagi kesusahan menggunakan rumus dalam melakukan perhitungan keuangan. Perhitungan keuangan sudah tidak lagi ribet sebab pengguna aplikasi ini hanya perlu menginput data.

6. Freshbooks

Anda yang di setiap harinya berus bergelut dengan keuangan atau akuntansi juga bisa memilih Freshbooks sebagai aplikasi pencatatan keuangan akurat. Sama dengan yang lainnya rupanya aplikasi ini juga merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat membantu penggunanya untuk melakukan perhitungan keuangan dan menjalankan akuntansi.

Software ini rupanya menawarkan berbagai macam fitur yang bisa dibilang cukup mudah untuk digunakan sekalipun oleh pebisnis pemula. Atau mungkin Anda hendak melakukan pengelolaan keuangan untuk tujuan pribadi tentu bisa memilih software ini.

Bukan hanya rapi saja melainkan Freshbooks juga menghadirkan tampilan rapi sehingga enak dipandang. Para penggunanya sudah pasti akan merasakan manfaat terbaik dari penggunaan aplikasi ini.

Baca Juga: Hadiri WEF 2022, Dirut BRI Tegaskan Komitmen Dorong Inklusi Keuangan & ESG

7.Syft Analytics

Keberadaan Syft Analytics yang dilengkapi dengan fitur canggih juga memberikan keuntungan dalam hal pembukuan dan akuntansi. Pengelolaan dan pengendalian keuangan jadi lebih mudah dengan adanya aplikasi pencatatan keuangan yang satu ini. Syft Analytics pada dasarnya merupakan suatu aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan proses analisis data.

Selain itu aplikasi pencatatan keuangan ini juga dapat difungsikan untuk membantu Anda sekalian dalam memanfaatkan segala fitur yang menjadi peralatan untuk mengolah data keuangan.

Bisa dibayangkan betapa mudahnya pengelolaan keuangan jika dilakukan dengan menggunakan bantuan dari aplikasi ini. Tentunya Syft Analytics dapat membantu proses pelaporan keuangan perusahaan. Melakukan analisis data dan memberi laporan keuangan jadi mudah dan praktis.

8. Fine Report

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari aplikasi pencatatan keuangan terbaik lainnya selain beberapa yang telah disebutkan sebelumnya bisa memilih Fine Report. Kehadiran Fine Report ini akan memungkinkan perusahaan untuk bisa melakukan proses analisis terhadap bisnisnya. Hal ini dilakukan dengan meliputi berbagai macam hal.

Sebut saja mulai dari proses pelacakan indikator dan juga selanjutnya melakukan tinjauan terhadap kinerja perusahaan dalam hal keuangan serta dalam hal pengendalian resiko.

Melalui keseluruh proses yang bisa dikerjakan dengan bantuan aplikasi Fine Report ini maka perusahaan bisa terbantu untuk mengurangi biaya dalam melakukan pengelolaan bisnis. Sebab aplikasi ini membantu perusahaan dalam meningkatkan nilai data bisnis.

Baca Juga: OJK Terbitkan Peraturan Baru di Sektor Keuangan, Apa Peran Konsumen?

9. Jasper Report

Hampir senada dengan aplikasi sebelumnya ternyata aplikasi Jasper Report juga biasa digunakan untuk membantu perusahaan dalam membuat laporan keuangan. Khususnya laporan pada Java yang tentunya cenderung bersifat free dan open source. Sudah tentu aplikasi ini sangatlah populer terutama di kalangan para pengembang Java sehingga sudah tak perlu diragukan lagi kecanggihannya.



Aplikasi yang berbasiskan open source ini memang umumnya dimanfaatkan untuk membuat laporan yang akurat tepatnya pada pemrograman Java. Aplikasi ini cukup memudahkan penggunanya untuk kemudian melakukan penulisan laporan ke beberapa target. Misalnya saja seperti ke PDF dan HTML yang sudah populer serta ke Microsoft Excel maupun ke RTF dan OTD.

10. Zoho Books

Pilihan aplikasi pencatatan keuangan selanjutnya yang juga direkomendasikan untuk Anda sekalian adalah Zoho Books. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan pencatatan terhadap semua uang masuk dan uang keluar.

Jadi pencatatan seluruh transaksi bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini. Selain melakukan pencatatan rupanya aplikasi juga bisa difungsikan untuk melakukan penyimpanan sekaligus melakukan kalkulasi terhadap selisih antara uang masuk dan uang keluar.

Tentu saja aplikasi ini membuat pengelola keuangan menjadi lebih ringkas. Setiap orang yang menggunakan aplikasi ini bisa dengan mudah dan cepat melakukan pencatatan data keuangan sehingga pembuatan laporan keuangan semakin mudah. Zoho Books juga membantu Anda untuk membuat sebuah dokumen tagihan.

11. Money Lover

Money Lover telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia. Bahkan Money Lover termasuk ke dalam Editor’s Choice. Artinya, aplikasi ini memang menawarkan kemudahan dalam pencatatan keuangan pribadi. Pengguna dapat mengelompokkan pengeluarannya berdasarkan kategori tertentu.

Money Lover juga memiliki kemampuan untuk menganalisis pengeluaran dan pemasukan yang paling besar dari masing-masing kategori.

Money Lover menyajikan grafik batang dan diagram lingkaran untuk memudahkan pengguna dalam memantau seluruh pengeluaran dan pemasukan. Ada pula fitur pengingat untuk pembayaran tagihan rutin.

12.Monefy

Dilihat sekilas, tampilan Monefy hampir sama dengan Money Lover. Satu hal yang membedakan di antara keduanya adalah penggunaan ikon untuk setiap kategori di Monefy. Hal ini membuat tampilan menjadi lebih segar dan menarik.

Di halaman awal, Anda akan melihat diagram lingkaran yang berisi rekap data pengeluaran Anda per kategori. Di sana Anda dapat melihat, kategori mana yang paling banyak menghabiskan uang.
Apabila ingin berganti gadget, Anda tak perlu khawatir. Data di Monefy dapat disimpan di Google Drive dan juga Dropbox.



Anda dapat mengimpor data dari cloud storage tersebut jika ingin memindahkan data ke perangkat baru.

Satu hal yang menjadi kekurangan dari Monefy adalah terbatasnya ketersediaan mata uang untuk ditampilkan. Bahkan aplikasi ini tak menyediakan pilihan mata uang rupiah.

Itulah beberapa pilihan aplikasi pencatatan keuangan paling akurat di Indonesia yang dapat menjadi pertimbangan para pemilik bisnis. Dengan menggunakan aplikasi tersebut tentunya melihat kondisi keuangan perusahaan jauh lebih cepat, mudah, efektif, dan juga efisien. Sehingga tidak perlu lagi berlama-lama menunggu untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan bisnis hari ini.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya