SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO -- Perhelatan akbar kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge ke-10 tahun 2019 (DSCX) yang digagas oleh Wismilak Foundation bakal memasuki babak akhir.

Sesuai rencana, Final Day digelar di De Tjolomadoe, Karanganyar, Solo, pada 16-17 November 2019. Acara ini akan dihadiri para mentor untuk berbagi pengalaman tentang dunia bisnis.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Selain itu, sejumlah tokoh bakal menjadi pembicara, yakni Menteri BUMN Erick Thohir (dalam konfirmasi), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama (dalam konfirmasi), Presiden Direktur PT Mahaka Media Tbk Adrian Syarkawie,
serta CEO SKV Group Heera Vasandani.

Final Day DSCX juga akan dihibur oleh grup musik Sheila on 7 dan Soloensis. Acara ini gratis, jika datang sebelum pukul 12.00 WIB. Informasi lebih rinci pembelian tiket, lokasi, dan waktu acara, bisa download aplikasinya DSCX di App Store dan Google Play Store.

Ketua Wismilak Foundation Henry Najoan, mengatakan melalui program Diplomat Success Challenge, Wismilak Foundation dihasratkan untuk mencetak prestasi wirausaha.

“Selain itu untuk memupuk passion positif kaum muda dan berbagi bersama,” kata dia, baru-baru ini.

Sementara itu, Direktur Utama PT Wismilak Inti Makmur Tbk Ronald Walla menegaskan salah satu aksi nyata Wismilak Foundation, yaitu wirausaha, merupakan aksi strategis untuk memajukan potensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selama ini, sektor UMKM berkontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) dan menyerap tenaga kerja yang signifikan.

“Melalui program Diplomat Success Challenge, Wismilak Foundation telah konsisten berkontribusi dalam meningkatkan jumlah wirausaha muda Indonesia,” ujar Ronald.

Dewan Juri DSCX telah memilih 12 peserta yang akan tampil dalam babak final di De Tjolomadoe, Karanganyar, Solo, pada 16-17 November 2019. Mereka adalah Banopolis, SUNKRISPS, Sweet Sundae Ice Cream, Lingkaran, kylafood.com, Hear Me, Cryptoscope, Astrobike, Apel Celup, Beehive Agriculture, Brownies Chip, dan OKE Garden. Pemenang akan mendapatkan hibah modal usaha senilai total Rp2 miliar.

Sebelumnya, 12 peserta tersebut telah mengikuti Incubation Session atau fase pembekalan pengetahuan dan pendalaman materi pada akhir Oktober 2019. Mereka terpilih setelah mengikuti rangkaian seleksi, mulai dari Regional Selection hingga National Selection.

Regional Selection pertama diadakan di Surabaya pada 14 September 2019. Kemudian, dilaksanakan Regional Selection di Yogyakarta pada 17 September 2019, Semarang pada 21 September 2019, Jakarta pada 26 September 2019, dan Bandung pada 1 Oktober 2019.

Setelah itu, 100 proposal terbaik kembali diuji di babak National Selection di Surabaya pada 8 Oktober 2019 dan Jakarta pada 13 Oktober 2019, sebelum akhirnya dipilih sebanyak 12 peserta yang berhak mengikuti Final Day.

Perlu diketahui, ajang DSC|X ini meraih antusiasme tinggi dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftarannya secara online pada 15 Mei hingga batas waktu penyerahan proposal pada 17 Agustus 2019.

Dewan Komite DSCX menerima sebanyak 12.500 proposal bisnis rintisan. Dominasi kaum milenial dalam kompetisi kewirausahaan itu begitu kuat, karena sekitar 80% peserta berasal dari rentang umur 20-35 tahun. Sementara itu, daerah asal peserta masih didominasi oleh Pulau Jawa
dan Sumatra, di mana porsinya mencapai 90%.

Dari seluruh proposal yang masuk tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam tujuh kategori bisnis, yaitu Agrobisnis, Food & Beverage, Kriya &Fashion, Startup Digital, Teknologi Terapan, Services, dan kategori lain-lain.

Ajang DSCX yang penyelenggaraannya berkolaborasi dengan Coworking Indonesia sebagai strategic partner ini memberikan edukasi, bimbingan dan pendampingan, serta kesempatan untuk berjejaring dan berkolaborasi dengan sesama peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya