12 Momen Menarik Sepak Bola Dunia Sepanjang 2018
Real Madrid vs Liverpool (Reuters-Andrew Boyers)

Solopos.com, SOLO - Banyak momentum sepak bola yang pantas dikenang sepanjang 2018. Peristiwa-peristiwa manis, sedih, torehan sejarah, hingga aib yang mengemuka di Piala Dunia 2018 di Rusia, Juni-Juli, merupakan memorabilia tersendiri tahun ini. Berikut beberapa momentum menonjol sepak bola dunia sepanjang tahun ini.

1. Rezim Wenger Runtuh
Akhirnya, Arsene Wenger legawa melepas jabatannya di kursi pelatih Arsenal yang sudah dikuasainya selama 22 tahun lebih. Wenger melepas Arsenal dengan cara pedih, karena tim berjuluk The Gunners ini gagal finis di zona Liga Champions pada musim terakhirnya. Pencapaian Wenger paling fenomenal bersama Arsenal yakni membawa tim London Utara ini meraih gelar Liga Premier dengan status Invincibles (tak terkalahkan selama semusim) pada 2003/2004, plus final Liga Champions 2006.

2. Gol Jesus Bawa The Citizens Tembus 100 Poin
Penampilan Manchester City benar-benar sepanjang musim 2017/2018. Mereka menahbiskan diri sebagai juara Liga Premier dengan bertabur rekor. Salah satunya sebagai tim yang mampu menembus 100 poin. Momentum itu ditandai dengan gol tendangan chip Gabriel Jesus ke gawang Southampton pada menit ke-90+4 pada matchweek terakhir Liga Premier di St. Mary's Stadium, 13 Mei 2018.

3. Comeback Ajaib Roma
Suporter AS Roma langsung berhamburan ke lapangan ketika peluit akhir pertandingan dibunyikan setelah tim kesayangan mereka menghadapi Barcelona pada leg kedua perempat final Liga Champions di Stadion Olimpico, 10 April 2018. Roma melakoni comeback sensasional dengan menundukkan Barcelona 3-0 di Olimpico, setelah sebelumnya mereka tertinggal 1-4 pada leg pertama di Camp Nou. Roma melaju ke semifinal dengan agregat 4-4 karena unggul produktivitas gol tandang.

4. Raja Mesir Menguasai Liga Premier
Mohamed Salah menorehkan penampilan fenomenal di musim perdananya bersama Liverpool di Liga Premier 2017/2018. Meski gagal mengantar Liverpool mengakhiri paceklik juara sejak 1990, pemain berjuluk Raja Mesir tersebut memuncaki daftar top scorer dengan torehan 32 gol.

5. Ramos Vs Salah
Sergio Ramos menjadi "musuh" bagi seluruh penggemar Liverpool di seluruh dunia setelah melakukan pelanggaran ala karate dengan mencengkram bahu Mohamed Salah ketika pertandingan belum genap 30 menit pada final Liga Champions, di NSK Olimpijs'kyj, Kiev, 26 Mei 2018. Salah mengalami cedera parah dan tidak bisa melanjutkan permainan. Liverpool pun dipaksa menyerah 1-3 di partai krusial itu. Madrid lantas mencetak sejarah sebagai satu-satunya tim yang mampu meraih hattrick juara di era Liga Champions.

6. Zidane Mundur dari Singgasana El Real
Pada 31 Mei 2018, pendukung Real Madrid seantero dunia dibuat shock dengan mundurnya Zinedine Zidane dari kursi pelatih Madrid yang didudukinya sejak Januari 2016. Pengumuman itu diutaran Zidane hanya selang lima hari setelah dirinya mengantar Madrid meraih hattrick juara Liga Champions dengan menundukkan Liverpool di partai final. Zidane beralasan "ini momentum tepat" baginya untuk mundur dari kepelatihan dan beristirahat dari segala tekanan sebagai manajer tim profesional.

7. Lopetegui Didepak Dua Kali
Federasi Sepak Bola Spanyol merasa "dilangkahi" ketika Real Madrid mengumumkan Julen Lopetegui sebagai pengganti Zidane yang mundur dari kursi pelatih Los Blancos. Otoritas sepak bola tertinggi di Negeri Matador itu langsung memecat Lopetegui dari kursi pelatih Spanyol hanya selang beberapa hari sebelum kick-off Piala Dunia 2018. Nasib sial kembali dialami Lopetegui karena dia juga dipecat Madrid setelah hanya menukangi tim ini selama 5 bulan, pada Oktober, karena penampilan buruk Gareth Bale dkk. di liga domestik.

8. Inggris Akhiri Kutukan Adu Penalti
Rakyat Inggris berpesta seakan-akan mereka menjuarai Piala Dunia saat berada di Rusia. Pencapaian The Three Lions memang hanya sampai ke semifinal. Tapi Inggris berhasil menghapus momok kekalahan adu penalti yang sempat membayangi mereka selama 22 tahun di turnamen besar setelah menang adu tos-tosan 1-1 (4-3) melawan Kolombia pada babak 16 besar.

9. Sinar Mbappe di Piala Dunia 2018
Prancis menahbiskan diri sebagai juara Piala Dunia setelah memecundangi Kroasia 4-2 di final. Prancis diperkuat bintang-bintang besar, seperti Antoine Griezmann hingga Paul Pogba. Tapi remaja berusia 19 tahun, Kylian Mbappe, yang paling banyak mencuri perhatian sepanjang turnamen. Pemain termahal kedua di dunia itu mengikuti jejak Pele yang bisa mencetak dua gol dalam sebuah laga Piala Dunia ketika Prancis menundukkan Argentina yang diperkuat Lionel Messi dkk. dengan skor 4-3 pada babak 16 besar.

10. Transfer Mengejutkan CR7
Cristiano Ronaldo membuat keputusan besar dalam kariernya pada 2018 ini. Peraih Ballon d'Or lima kali ini memutuskan mengikuti jejak Zidane mundur dari Real Madrid. Dia bergabung dengan Juventus dengan banderol 100 juta euro di usia 33 tahun. Kepergian Ronaldo dari Madrid yang sudah dibelanya selama 9 tahun ini menyisakan percikan permusuhan dengan presiden Madrid, Florentino Perez.

11. Modric Runtuhkan Duopoli Ronaldo-Messi
Luka Modric memang ikut mengantar Real Madrid menjuarai Liga Champions dan meloloskan Kroasia ke final Piala Dunia 2018. Tapi tidak ada yang menyangka dia bisa mengalahkan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk memenangi gelar individu Pemain Terbaik FIFA dan Ballon d'Or 2018. Modric memecahkan duopoli Ronaldo-Messi yang menyabet penghargaan individu paling prestisius di dunia itu secara bergantian selama satu dekade terakhir.

12. The Sacked One
Akhir 2018 ditutup dengan berita pemecatan Jose Mourinho dari kursi menajer Manchester United. Mourinho kembali mengalami sindrom musim ketiga, yakni selalu lengser dari posisi pelatih pada musim ketiga menangani sebuah klub. Fans Manchester City mengganti julukan Mourinho dari The Special One menjadi The Sacked One.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom