SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di wilayah Jatim saat liburan Natal dan Tahun Baru atau selama digelarnya Operasi Lilin Semeru 2018 dalam 12 hari menurun 69,22% dibanding tahun lalu.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan dalam operasi yang digelar mulai Jumat (21/12/2018) hingga Selasa (1/1/2019) ada sebanyak 157 kasus lakalantas jauh menurun dibanding tahun lalu sebanyak 510 kasus.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Dari jumlah laka lantas tersebut, yang meninggal dunia sebanyak 27 orang, turun dari tahun sebelumnya 82 orang,” ujarnya di Surabaya, Rabu (2/1/2019)

Dia menambahkan jumlah korban luka berat sebanyak sembilan orang, turun dari sebelumnya 40 orang. Selanjutnya luka ringan sebanyak 237 orang, turun dari sebelumnya 730 orang.

Jumlah kendaraan yang terlibat sebanyak 287 unit. Angka ini turun dari tahun sebelumya sebanyak 901 unit. Kejadian lakalantas terbanyak terjadi di Madiun disusul Jember, Jombang, Sidoarjo, dan Gresik.

“Penurunan angka kecelakaan ini salah satunya dipicu kemacetan di jalan raya. Selain itu, sejumlah ruas tol di Jatim yang sudah berfungsi secara optimal juga cukup efektif menekan angka kecelakaan,” kata Barung.

Sementara untuk gangguan keamanan dan ketertiban (kamtibmas), selama operasi yang rutin digelar tiap tahun tersebut mencatat ada 256 kejadian. Jumlah itu turun dibanding tahun lalu sebanyak 399 kejadian.

Kejadian gangguan kamtibmas terbanyak di Bangkalan dengan jumlah 28 kasus. Sedangkan yang terendah di Sumenep dengan jumlah satu kasus. “Untuk kejahatan yang menonjol seperti pencurian ada sebanyak 69 kasus. Jumlah itu naik dari tahun sebelumnya 17 kasus,” ucap Barung.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya