12.040 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Klaten, Dikawal Polisi Bersenjata Lengkap
Seorang polisi menjaga pengiriman vaksin Covid-19 di gudang farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Sabtu (23/1/2021). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Sebanyak 12.040 dosis vaksin Covid-19 tiba di gudang farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten di Klaten Utara, Sabtu (23/1/2021) pukul 17.16 WIB. Pengiriman vaksin tersebut dikawal aparat polisi bersenjata lengkap.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, vaksin tersebut diangkut satu unit mobil boks yang dikawal dengan mobil patroli polisi. Begitu tiba di gudang, vaksin dimasukkan ke cold chain guna menjaga kualitasnya agar selalu baik. Suhu ruangan di cold chain berkisar 2 derajat celcius hingga 8 derajat celcius.

"Hari ini, kami memperoleh informasi dari Dinkes Jateng bahwa vaksin sudah bisa diambil 12.30 WIB. Kami ambil pukul 13.30 WIB. Vaksin ini kami simpan di sini. Pencanangan vaksin oleh bupati direncanakan, Senin (25/1/2021)," kata Kepala Instalasi Farmasi Dinkes Klaten, Ismail Riyadi, saat ditemui Solopos.com, Sabtu (23/1/2021).

Baca juga: Gudang Farmasi Klaten Siap Menampung Ribuan Vaksin Covid-19

Ismail Riyadi mengatakan pengiriman vaksin Covid-19 ke Klaten ini lebih cepat dari jadwal yang sudah diagendakan di waktu sebelumnya, yakni Februari 2020. Nantinya, pemberian vaksin diprioritaskan kepada para tenaga kesehatan (nakes) di Klaten.

"Di tahap pertama ini, prioritas untuk para nakes. Jumlah ini sudah mencakup seluruh nakes di Klaten. Jumlah nakes di Klaten mencapai 6.000-an orang. Vaksin Covid-19 diberikan dua kali. Vaksin kedua diberikan selang waktu 10-14 hari setelah vaksin pertama," katanya.

Ismail Riyadi mengatakan di gudang farmasi tersedia 12 cold chain. Sebanyak lima unit cold chain masih baru, sedangkan sisanya sudah biasa difungsikan menyimpan vaksin selain Covid-19 di waktu sebelumnya.

"Selama vaksin disimpan di gudang, kami akan koordinasi lagi dengan aparat polisi apakah perlu melibatkan anggota polisi atau tidak," katanya.

Baca juga: Amis Lur! Truk Bermuatan Telur Ayam Terguling di Dekat Rumah Sakit di Solo Baru

Sasaran Vaksinasi di Klaten

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan jatah vaksin Covid-19 yang dikirim ke Klaten di tahap awal bakal diberikan ke 2.349 nakes. Jumlah itu belum sebanding dengan total nakes di Klaten, yakni mencapai 6.779 orang.

"Informasinya, vaksin tiba di Klaten baru Februari mendatang. Vaksin memang diprioritaskan bagi nakes. Tapi, orang pertama di Klaten yang akan divaksin, yakni bupati Klaten. Itu untuk pencanangan vaksinasi di Klaten sendiri," katanya.

Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengaku siap menjadi orang pertama yang divaksin Covid-19 di Kabupaten Bersinar. Pemkab Klaten sudah menyiapkan sarana dan prasarana (sarpras).

"Siap, selalu siap. Ini untuk kesehatan," kata Sri Mulyani.

Baca juga: Sadis! Pria di Grobogan Bunuh Pemuda Teman Kencannya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom