SOLOPOS.COM - Ilustrasi KA di masa pandemi (Istimewa-KAI Daop VII Madiun)

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia atau KAI Daerah Operasi (Daops) 6 Yogyakarta mencatat ada 12.000-an penumpang yang naik dan 11.000-an penumpang yang turun di Jogja dan Solo saat momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini.

Peningkatan jumlah penumpang kereta api ini terjadi sejak awal pekan lalu tepatnya sejak hari keempat masa Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Senin (20/12/2021). Berdasarkan data KAI, ada 51.789 penumpang naik dan 47.519 turun KA di wilayah Daop 6 Yogyakarta sejak hari itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga: Jangan Khawatir soal BBM dan Elpiji saat Nataru, Pertamina Jamin Aman!

Jika dihitung rata-rata, jumlahnya yakni 12.000 penumpang naik dan 11.000 penumpang turun per harinya. PT KAI Wilayah Daop 6 Yogyakarta juga menyiapkan kereta tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Jumlahnya delapan KA tambahan yang terdiri dari empat KA tambahan relasi Solo-Gambir, serta empat KA tambahan relasi Yogyakarta-Gambir. Semuanya disiapkan untuk perjalanan pulang dan pergi (PP).

Baca Juga: Wisatawan Serbu Kuliner Pasar Gede Solo, Mayoritas dari Luar Daerah

“Setiap harinya, ada 30 KA Jarak Jauh keberangkatan dan kedatangan Daop 6 serta ada 38 KA Jarak Jauh yang melintas di wilayah Daop 6 Yogyakarta serta 32 perjalanan KA Lokal. Selain itu, disiapkan juga delapan KA Tambahan yang terdiri dari empat KA Tambahan relasi Solo-Gambir PP dan empat KA Tambahan relasi Yogyakarta-Gambir PP,” jelas Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Meriah, Tema Korea hingga ala Ndesa Sambut Tahun Baru 2022 di Solo

Selanjutnya Supriyanto menegaskan bahwa KAI Daop 6 memastikan hanya penumpang yang benar-benar sesuai ketentuan yang boleh berangkat naik kereta. Pemeriksaan akan dilakukan oleh petugas di stasiun.

Pelanggan yang tidak menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, tiketnya bakal dibatalkan serta tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya