SOLOPOS.COM - Petugas siap mengawal mobil yang akan melintas ke arah barat atau Jakarta setelah penutupan jalur satu arah di gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Selasa (9/4/2024). (ANTARA/I.C. Senjaya)

Solopos.com, SEMARANG — Sekitar 12.000 kendaraan mengantre memasuki Gerbang Tol Kalikangkung Semarang Jawa Tengah menuju Jakarta pada Sabtu (13/4/2024) siang.

Kendaraan-kendaraan tersebut mengular dari arah pintu tol Jatingaleh menuju Tol Krapyak lalu menuju Gerbang Tol Kalikangkung pada pukul 11.43 WIB.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Kepala Pos Terpadu Gerbang Tol Kalilkangkung, AKP Sujid R, di Semarang, mengatakan kendaraan yang masuk ke Tol Kalikangkung menuju Jakarta mencapai 12.816 unit sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

“Dalam satu jam terakhir kami mencatat 3.462 kendaraan yang masuk serta mengarah ke arah Jakarta,” kata dia sebagaimana dilansir Antara.

Sementara untuk kendaraan yang masuk ke Semarang mencapai 5.004 kendaraan. “Dalam satu jam terakhir ada 1.224 kendaraan yang masuk,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, Korlantas Polri memberlakukan sistem satu arah atau one way di KM 414 Tol Kalikangkung – KM 72 Tol Cipali, mulai Sabtu (13/4/2024), pukul 15.00 WIB.

Pemberlakuan satu arah itu dilakukan untuk mengurangi kepadatan kendaraan di tol saat masa arus balik lebaran.

Menurut informasi yang disampaikan, sebelum memberlakukan sistem satu arah Korlantas Polri akan melakukan pembersihan jalur dari kendaraan.

Pembersihan kendaraan tersebut akan berlangsung selama dua jam yakni dari 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Sebelumnya, Korlantas Polri berencana ingin memberlakukan sistem satu arah di jalur tersebut pada Jumat (12/4/2024) lalu.

Namun demikian, pemberlakuan satu jalur ditunda karena dianggap belum memiliki urgensi dan masih dalam pemberlakuan rekayasa lalu lintas Kepolisian.

Tidak hanya di Tol Kalikangkung -Tol Cipali, Korlantas per hari ini juga mulai memberlakukan sistem satu arah di Tol Cibitung – Cimanggis.

Berdasarkan selembaran resmi Korlantas Polri, sistem satu arah ke Jakarta dan Bogor itu diberlakukan sejak pukul 06.00 WIB ke 17.00 WIB.

Dengan adanya upaya ini, diharapkan penumpukan kendaraan di tol saat arus mudik bisa berkurang sehingga para pemudik bisa kembali ke rumah masing-masing dengan aman dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya