SOLOPOS.COM - Ilustrasi (AFP)

Missouri (Solopos.com)--Korban jiwa akibat tornado yang menerjang negara bagian Missouri, Amerika Serikat terus bertambah. Sejauh ini, sudah 116 orang yang tewas akibat fenomena alam itu.

Tornado yang menghantam Kota Joplin tersebut juga telah menyebabkan lebih dari 1200 orang terluka. Pejabat-pejabat setempat seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (24/5/2011) memperkirakan, sekitar 2.000 bangunan rusak akibat amukan tornado.

Otoritas setempat saat ini terus melakukan pencarian para korban yang tertimbun reruntuhan dan kemungkinan masih hidup menyusul terjangan angin berkekuatan 320 kilometer per jam tersebut.

Kota Joplin terletak sekitar 260 kilometer sebelah selatan Kota Kansas. Sejauh ini, tujuh orang telah ditemukan selamat menyusul serangan tornado tersebut.

Atas bencana ini, Gubernur Missouri Jay Nixon memberlakukan keadaan darurat di negara bagian tersebut. “Jumlah orang yang meninggal terus bertambah,” kata Nixon pada CNN.

“Namun intinya, kita masih percaya bahwa ada orang-orang yang masih hidup di bawah reruntuhan dan kami bekerja keras untuk menyelamatkan mereka,” imbuhnya.

Atas bencana ini, Presiden AS Barack Obama telah menyatakan dukacita mendalam untuk para korban. Obama juga telah menelepon Nixon untuk memastikan padanya bahwa pemerintah federal akan memberikan bantuan apapun yang dibutuhkan.

Selain di Missouri, tornado juga menerjang Minneapolis, Minnesota dan menimbulkan satu korban tewas. Sekitar 30 orang lainnya luka-luka.

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya