11 Titik Rawan di Jalur KA Daops Madiun Dijaga Ketat

11 Titik Rawan di Jalur KA Daops Madiun Dijaga Ketat

SOLOPOS.COM - Petugas PT KAI Daop VII Madiun memperbaiki kereta api yang anjlok dalam simulasi penanganan kereta anjlok di Stasiun Madiun, Selasa (6/6/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Ada sebelas titik di wilayah Daops Madiun yang diawasi secara ketat.

Solopos.com, MADIUN — Sebelas petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) disiagakan untuk memantau kondisi di jembatan besar yang dilewati kereta api di wilayah Daops VII Madiun. Pengawasaan ini dilakukan sepanjang musim penghujan untuk mengantisipasi hal-hal yang membahayakan.

Pejabat Humas PT KAI Daops VII Madiun, Supriyanto, mengatakan ada sebelas titik jembatan besar yang rawan sepanjang jalur kereta api di wilayah Daops Madiun. Dia menuturkan ada sebelas petugas yang disiagakan untuk memantau sebelas titik lokasi rawan itu.

“Saat ini kan musim hujan dan intensitas hujannya cukup tinggi. Jadi kami siagakan petugas di jembatan-jemabatan yang dilalui kereta api,” jelas dia saat dihubungi Madiunpos.com, Kamis (23/11/2017).

Supri menambahkan di sepanjang wilayah Daops Madiun tidak ada tebing sehingga tidak ada kerawanan bencana tanah longsor di jalur kereta api.

Sementara itu, akibat kejadian tanah longsor di Cipendeuy, Garut, Jawa Barat, Rabu (22/11/2017) malam, perjalanan kereta api relasi Madiun mengalami keterlambatan. Kereta api dari arah Bandung dengan tujuan Jawa Timur mengalihkan rute lewat Cikampek-Cirebon-Purwokerto-Kroya-Solo yaitu KA 50 Turangga, KA 92 Malabar, KA 112 Mutiara Selatan, KA 182 Kahuripan.

Untuk langkah-langkah yang dilakukan PT KAI Daops VII Madiun dalam memangkas keterlambatan saat KA berangkat kembali ke Bandung yaitu khusus KA Kahuripan relasi Blitar-Madiun-Kiaracondong dilakukan skenario operasi dan pelayanan khusus.

Skenario tersebut antara lain mengirim rangkaian cadangan dari Madiun ke Blitar untuk keberangkatan Kamis siang. Rangkaian KA Kahuripan dari Bandung yang terlambat hanya berakhir di Stasiun Madiun.

Penumpang dengan tujuan Caruban, Nganjuk, Kediri, sampai Blitar dinaikkan dengan kereta cadangan dari Madiun. Penumpang dari Blitar berangkat tepat dengan kereta cadangan sampai Stasiun Madiun dan digabung dengan rangkaian dari Bandung.

KA Kahuripan Madiun-Bandung diusahakan berangkat tepat pukul 15.16 WIB,” ujar dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

4.299 Pelamar CPNS dan PPPK di Boyolali Lolos Administrasi

Sebanyak 4.299 pelamar CPNS dan PPPK tahun anggaran 2021 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali telah lolos tahap administrasi.

Dukung Operasional Satgas Covid-19, Baznas Klaten Serahkan Bantuan

Baznas menyerahkan perlengkapan pendukung operasional Satgas Covid-19 di Kabupaten Klaten dalaman menangani pandemi Covid-19.

Digugat Cerai Suami, Unggahan Tyas Mirasih di Instagram Jadi Sorotan

Kabar kurang baik datang dari rumah tangga Tyas Mirasih, dia dikabarkan digugat cerai oleh sang suami yang bernama Raden Soedjono.

Dicari Suaminya, Perempuan Asal Plupuh Sragen Ternyata Sudah Mengapung di Bengawan Solo

Seorang perempuan asal Plupuh, Sragen, ditemukan mengapung tak bernyawa di Sungai Bengawan Solo pada Rabu (4/8/2021)

Baliho Puan Bertebaran untuk Mengganjal Ganjar ke Pilpres, Benarkah?

Pemasangan baliho secara massif terkesan seperti menzalimi Ganjar Pranowo untuk maju juga di Pilpres 2024.

PPKM Level 4 Diperpanjang, Semarang Buka Akses 14 Ruas Jalan

Sebelumnya, ada 14 ruas jalan di Kota Semarang yang ditutup selama penerapan PPKM darurat, yang dilanjutkan dengan PPKM level 4.

Ada Puluhan Anak di Klaten Jadi Yatim Piatu Gegara Covid-19

Puluhan anak di Klaten menjadi yatim piatu karena orang tua mereka meninggal dunia gegara Covid-19. Begini langkah Pemkab Klaten.

Jembatan Baru akan Dibangun di Perbatasan Wonogiri-Sukoharjo, Nilainya Rp35 Miliar

Semula pembuatan DED direncanakan dilaksanakan pada 2020, sedangkan pembebasan lahan pada 2021 namun realisasinya ditunda lantaran pandemi Covid-19.

Wong Sragen Wajib Tahu, Pertempuran Melawan Agresi Militer Belanda I dan II Pecah di 6 Lokasi Ini

Sejumlah tempat di Sragen memiliki nilai sejarah karena menjadi lokasi pertempuran pejuang melawan Belanda pada masa Agresi Militer I dan II,

Duh! Balai Desa Doyong Sragen Dibobol Maling, Seperangkat Komputer Raib

Balai Desa Doyong, Kecamatan Miri, Sragen, yang berlokasi di tepi jalan Solo-Purwodadi dibobol maling pada Rabu (4/8/2021) dini hari WIB.

UNS Gelar Sertifikasi Dosen, Rektor dan Guru Besar Jadi Peserta Uji Kompetensi

Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menuntut para dosen dituntut memiliki berbagai kompetensi kerja sesuai dengan tuntutan global

Seluruh Desa Sudah Terpasang Air PDAM, Musim Kemarau Tahun Ini Pracimantoro Wonogiri Bebas Kekeringan

Meski sudah memasuki musim kemarau, belum ada warga Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, yang mengalami dampak kekeringan.