General Manager Mass Market Segment Sales Telkomsel Jawa Bali, Eko Atmaja, berfoto bersama kontestan Local Stage Pitch The NextDev di Aston Hotel Semarang, Kamis (10/10/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Sebanyak 11 startup digital karya anak muda Kota Semarang bersaing mendapatkan tiket ke babak nasional The NextDev 2019 yang digelar operator telekomunikasi Telkomsel.

Ke-11 startup karya anak muda Kota Semarang itu harus melalui babak Local Stage Pitch di Aston Hotel Semarang, Kamis (10/10/2019), sebelum bersaing di tingkat nasional.

General Manager Mass Market Segment Sales Telkomsel Jawa Bali, Eko Atmaja, mengatakan The NextDev tahun ini digelar dengan konsep yang berbeda. Mengusung tema Social Impact and Go Beyond, The NextDev tahun ini tak hanya mencari startup yang berpotensi menghasilkan profit tinggi, tapi juga memberikan dampak sosial ekonomi positif bagi masyarakat.

“The NextDev kali ini hadir dengan fokus social impact and go beyond dengan tujuan menghadirkan solusi bisnis yang berdampak positif di Indonesia. Kami ingin membuka akses dan mendorong munculnya karya dari startup yang digawangi pemuda, tidak hanya di pusat, tapi juga di daerah. Harapannya, inisiatif dan terobosan itu dapat Telkomsel bantu melalui The NextDev dan memberikan kontribusi bagi masyarakat,” ujar Eko saat sesi jumpa pers di Aston Hotel Semarang, Kamis.

Eko menjelaskan The NextDev merupakan ajang pencarian startup yang digelar Telkomsel sejak 2014 silam. Semenjak 2014 hingga sekarang, The NextDev selalu menampilkan tema yang berbeda-beda, seperti content creating, smart city, smart rural, core industry, hingga passion purpose.

Sementara itu, total ada 270 startup bertema social impact yang telah mendaftar untuk berkompetisi di The NextDev 2019 ini. Dari sekian banyak startup itu, 40 di antaranya berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Kendati demikian, dari 40 startup asal Semarang itu hanya 11 di antaranya yang berhak maju ke babak Local Stage Pitch. Mereka terpilih setelah melalui penjurian yang cukup ketat dan memenuhi kategori minimum viable product (MVP) yang berdampak sosial positif untuk membantu masyarakat di berbagai bidang.

“Ada 4 kriteria yang kami cari dalam startup kontestan, yakni memiliki konsep, komitmen, validasi, dan juga sasaran,” imbuh Eko.

Selain di Semarang, babak Local Stage Pitch The NextDev ini juga digelar di delapan kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Denpasar, Palembang, Makassar, Medan, Yogyakarta, Pontianak, dan Surabaya.

Berikut 11 startup yang tampil di babak Local Stage Pitch di Semarang:

  1. Indonesian Diaspora Connect
  2. Behome
  3. SIPAUD
  4. Mandu apps
  5. NgeIELTS
  6. Kedata Smart City Analytics
  7. TamanSiswa
  8. Plastikinia
  9. CROWDE
  10. GOLEVAT “Kursus Generasi Digital”
  11. Bung Sam

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten