SOLOPOS.COM - Ilustrasi tim SAR melakukan pencarian korban tenggelam. (Dok/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-11 personel tim Search And Rescue (SAR) Wilayah II Baron akan mengikuti pelatihan peningkatan kualitas di Kaliurang, Sleman.

Koordinator SAR Wilayah II Baron Marjono menuturkan pelatihan tersebut digelar Kesbanglinmas DIY. 11 personel akan dikirim dalam dua gelombang. Lima orang akan dikirim pada gelombang pertama Minggu (17/11/2013) hingga Kamis (21/11/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Gelombang kedua kami akan mengirim enam personel yang akan mengikuti pelatihan pada Jumat (22/11/2013) hingga Senin (25/11/2013). Dalam pelatihan ini kami memprioritaskan personel yang baru,” papar dia di Pos SAR Wilayah II Baron, Minggu (17/11/2013).

Marjono berharap kemampuan penyelamatan para personel SAR bisa meningkat. Ia mengakui secara mental para anggota yang baru sudah tidak diragukan lagi. Mereka dinilai memiliki semangat yang tinggi sebagai anggota tim SAR.

“Tapi untuk kemampuan penyelamatan dan skill yang mendukung tentu perlu terus ditingkatakan. Mereka akan mendapatkan pelatihan materi di ruangan, air serta jelajah medan,” imbuh dia.

Selain mengikuti pelatihan dari Kesbanglinmas DIY, para personel baru tersebut juga mendapatkan pelatihan dari SAR Wilayah II Baron. Setiap hari Minggu mereka langsung diminta turun ke lapangan dan berbaur dengan pengunjung pantai untuk melakukan penjagaan. Selain itu setiap Jumat Kliwon mereka mendapatkan penyegaran.

Pelatihan ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu para personel. Salah satu anggota SAR yang sedang terluka kakinya setelah terjatuh dari sepeda motor Anik Astuti tetap bersemangat mengikuti pelatihan. Ia tidak mencari-cari alasan agar bisa mangkir dari jadwal pelatihan.

“Saya senang dengan pelatihan ini. Kaki sakit tidak jadi masalah. Mau ada pelatihan yang agak berat juga ayo saja. Semangat pokoknya,” tuturnya. Sesampainya di Kaliurang mereka akan bergabung dengan anggota SAR dari seluruh wilayah DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya