Kategori: Haji

11 Jemaah asal Jateng meninggal dunia


Solopos.com/

WUKUF -- Jabal Rahmah dipenuhi jemaah yang berdoa pada saat pelaksanaan wukuf di Padang Arafah, Sabtu (5/11/2011). (JIBI/SOLOPOS/Antara)
Semarang (Solopos.com) - Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah mencatat, jumlah sementara jemaah haji asal provinsi ini yang meninggal di tanah suci selama menunaikan ibadah rukum Islam kelima tersebut mencapai 11 orang.

"Sementara ini tercatat ada 11 jemaah yang meninggal. Untuk daerah asalnya saya kurang hafal," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah, Imam Haromain Asy'ari, di Semarang, Minggu (6/11/2011). Menurut dia, saat ini para jemaah sudah bergerak dari Arafah menuju Mina.

Ia menuturkan, usai melaksanakan ibadah haji, para jemaah akan mulai dipulangkan pada 12 November 2011. "12 November mulai dipulangkan, urutan kelompok terbang pemulangan sama seperti saat pemberangkatan," katanya. Ia menjelaskan, pelaksanaan ibadah haji untuk pemberangkatan dan pemulangan melalui Adi Soemarmo Surakarta tahun ini relatif lancar.

Kondisi tersebut, lanjut dia, sangat berbeda dengan pelaksanaan haji tahun lalu yang bersamaan dengan erupsi Gunung Merapi. "Tahun lalu, akibat letusan Merapi, sekitar 25 kelompok terbang harus dialihkan melalui Surabaya," katanya. Ia mengharapkan, kelancaran tersebut akan berlangsung hingga seluruh jemaah tiba di tanah air.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Share
Dipublikasikan oleh
R. Bambang Aris Sasangka