SOLOPOS.COM - Ilustrasi calon haji di Jabal Rahmah sebelum wukuf (JIBI/Solopos/Dok.)

WUKUF -- Jabal Rahmah dipenuhi jemaah yang berdoa pada saat pelaksanaan wukuf di Padang Arafah, Sabtu (5/11/2011). (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Semarang (Solopos.com) – Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah mencatat, jumlah sementara jemaah haji asal provinsi ini yang meninggal di tanah suci selama menunaikan ibadah rukum Islam kelima tersebut mencapai 11 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sementara ini tercatat ada 11 jemaah yang meninggal. Untuk daerah asalnya saya kurang hafal,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah, Imam Haromain Asy’ari, di Semarang, Minggu (6/11/2011). Menurut dia, saat ini para jemaah sudah bergerak dari Arafah menuju Mina.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menuturkan, usai melaksanakan ibadah haji, para jemaah akan mulai dipulangkan pada 12 November 2011. “12 November mulai dipulangkan, urutan kelompok terbang pemulangan sama seperti saat pemberangkatan,” katanya. Ia menjelaskan, pelaksanaan ibadah haji untuk pemberangkatan dan pemulangan melalui Adi Soemarmo Surakarta tahun ini relatif lancar.

Kondisi tersebut, lanjut dia, sangat berbeda dengan pelaksanaan haji tahun lalu yang bersamaan dengan erupsi Gunung Merapi. “Tahun lalu, akibat letusan Merapi, sekitar 25 kelompok terbang harus dialihkan melalui Surabaya,” katanya. Ia mengharapkan, kelancaran tersebut akan berlangsung hingga seluruh jemaah tiba di tanah air.

JIBI/SOLOPOS/Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya