Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jamal Wiwoho (kanan), berjabat tangan dengan dekan baru UNS saat pelantikan dan pengambilan sumpah di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS, Solo, Jumat (10/5/2019) (M. Ferri Setiawan)().

Solopos.com, SOLO — Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Jamal Wiwoho melantik 11 dekan baru di Auditorium G.P.H Haryo Mataram, Jumat (10/5/2019). Kinerja dekan akan dievaluasi setiap tahun terkait target UNS menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

Ke-11 dekan baru yang dilantik Rektor UNS bekerja untuk periode 2019-2023. Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah dekan baru UNS kemarin, Jamal berharap mereka mampu mempertanggungjawabkan sumpah jabatan yang diucapkan saat pelantikan. Para dekan juga wajib menjaga dan memegang teguh amanah yang telah diberikan demi kemajuan UNS.

“Ke-11 dekan ini saya harapkan bisa bersiap-siap untuk membawa UNS menjadi PTN BH. Jadi tantangan ke depan semakin berat. Para pejabat baru dalam mengambil kebijakan harus dalam koridor dan prosedur berdasarkan peraturan perundang-undangan. Dengan demikian tidak menimbulkan kesulitan pada diri sendiri,” ujarnya, Jumat.

Dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan lingkungan global yang sangat cepat, perguruan tinggi diharapkan tidak hanya bersikap responsif. Sebaliknya, PT juga harus menjadi garda terdepan untuk menciptakan perkembangan peradaban.  Dalam kesempatan itu, Jamal menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dekan lama yang telah mendedikasikan diri dalam memajukan UNS.

“Nantinya saya melakukan penilaian setiap tahun terhadap para dekan, termasuk di dalamnya apakah bisa merealisasikan janji-janjinya untuk mengembangkan UNS menjadi PT yang baik dan bermutu. Salah satu indikator PT bermutu adalah akreditasi. Saya akan mengevaluasi program studi [prodi] yang tidak memiliki akreditasi A. Jajaran dekan harus segera mempersiapkan dengan baik agar prodi dengan akreditasi C atau B bisa jadi A. Sementara itu, yang sudah A segera memperoleh akreditasi internasional,” ujar dia.

Ke-11 dekan baru yang dilantik adalah Ismi Dwi Astuti Nurhaeni sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP); Djoko Suhardjanto sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB); Samanhudi sebagai Dekan Fakultas Pertanian (FP); Reviono sebagai Dekan Fakultas Kedokteran (FK); Harjana sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA); Rahmanu Widayat sebagai Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD); I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani sebagai Dekan Fakultas Hukum (FH); Mardiyana sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP); Warto sebagai Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB); Sholihin As'ad sebagai Dekan Fakultas Teknik (FT); dan Sapta Kunta Purnama sebagai Dekan Fakultas Keolahragaan (FKOR).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: