SOLOPOS.COM - Ilustrasi alat rapid test corona. (Youtube)

Solopos.com, KLATEN - Sebanyak 108 warga Desa Tijayan, Kecamatan Manisrenggo, Klaten menjalani rapid test. Rapid test itu dilakukan karena ada seorang warga setempat yang positif Covid-19 yakni AZM, 21.

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan sebanyak 108 orang di Tijayan yang pernah kontak langsung dengan AZM sudah menjalani rapid test beberapa waktu lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Update Covid-19 Indonesia: Kasus Positif Tambah 484 Jadi 14.749, Pasien Meninggal Tembus 1.007 Orang

Hasilnya, dua orang menunjukkan reaktif. Sementara, hasil rapid test 106 orang lainnya nonreaktif atau negatif.

“Dari dua orang itu akan dilakukan pengambilan sampel dengan teknik swab kemudian dikirimkan ke laboratorium. Usia mereka sudah dewasa. Mereka bukan anggota keluarga. Yang jelas mereka pernah kontak langsung dengan pasien,” jelas Cahyono saat ditemui wartawan di Dinkes Klaten, Selasa (12/5/2020).

Selain melakukan rapid test kepada warga Tijayan, Dinkes Klaten juga tengah melakukan pelacakan terhadap pasien asal Desa Karangduren, Kecamatan Kebonarum berinisial S, 62. Pasien yang bekerja sebagai pedagang sayur itu ternyata biasa mangkal di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

90 Pedagang dan Kuli Panggul di 2 Pasar Sragen Ikuti Rapid Test Covid-19

“Kami masih mendata orang-orang yang pernah kontak langsung [dengan S] termasuk pegawai di sana [RSUP],” urai dia.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Klaten, Ronny Roekmito, juga menjelaskan tracing terus dilakukan untuk mengetahui orang-orang yang pernah kontak langsung dengan S. “Hal penting lainnya yakni dari mana dia bisa tertular,” jelas Ronny.

Pasien Sembuh Bertambah

Sementara itu, jumlah pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh bertambah satu orang, yakni pasien berinisial MA, 51, asal Kecamatan Karanganom. Pasien tersebut dirawat di RSU Islam Klaten sejak 20 April 2020.

Dengan tambahan satu orang sembuh, jumlah total pasien positif yang dinyatakan sembuh menjadi tiga orang. Saat ini, ada 15 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat di dua rumah sakit. Artinya, total kasus kumulatif Covid-19 di Klaten berjumlah 18 orang.

BNPB: Jangan Kaget, Pekan Depan Positif Covid-19 Indonesia Akan Naik

Untuk data pasien dalam pengawasan kumulatif berjumlah 80 orang, namun kini yang masih dalam pengawasan tinggal delapan orang. Sedangkan data kumulatif orang dalam pemantauan di Klaten berjumlah 1.799, namun kini yang masih dipantau adalah 49 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya