SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Sebanyak 1.039 Kepala Keluarga (KK) di Desa Kepuharjo, Cangkringan menerima uang kompensasi hasil pengerukan pasir Kali Gendol. Setiap KK menerima Rp13.426 yang dibagikan melalui Kepala Dukuh di delapan padukuhan.

Kepala Desa Desa Heri Suprapto mengatakan, sudah tiga pekan ini desa Kepuharjo memulai normalisasi Kali Gendol. Hasil penjualan pasir selain diserahkan kepada pemkab Sleman untuk pajak Galian C, juga dibagikan kepada masyarakat desa maupun kelompok masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Semua dibagi rata meski hanya tiga belas ribu per KK tetap dibagikan ke semua masyarakat agar proyek normalisasi ini transparan,” kata Heri saat ditemui di Kepuharjo Cangkringan, Kamis (21/7).

Saat ini ada tiga titik normalisasi semuanya di Kali Gendol Dusun Manggong. Sejak dimulai normalisasi akhir Juni 2011 lalu pajak galian C yang disetorkan ke pemkab mencapai Rp39,75 juta. Sedangkan dana yang dikelola desa setelah dikurangi pajak selama normalisasi tiga pekan adalah Rp54,118 juta.

Dana itu digunakan untuk kegiatan pemerintah desa seperti PKK, LPMD, BPD, dan Karang Taruna sebesar 30 persennya yakni Rp16,235 juta. Kemudian 20 persen untuk dana pembangunan desa seperti infrastrukur yakni Rp10,823 juta. 

Kompensasi yang diberikan kepada masyarakat per KK Rp13.426 diambilkan dari dana hasil normalisasi ini sebesar 20 persen atau Rp10,823 juta. Jumlah itu ditambah Rp3 juta hasil normalisasi Desember 2010 lalu yang sempat berjalan beberapa minggu sebelum terjadi banjir lahar. (Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya