SOLOPOS.COM - Kapal Titanic yang hari ini diperingati naasnya (Telegraph.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Tanggal ini tepat 102 tahun lalu, kapal terbesar di zamannya, RMS (Royal Mail Steamer)Titanic tenggalam di Samudera Atlantik. Naas yang terjadi 15 April 1912 itu menjadi peristiwa tak terlupakan sepanjang sejarah.

Akibat bencana tersebut setidaknya 1.517 penumpang RMS Titanic tewas setelah kapal super mewah tersebut menabrak gunung es hingga tenggelam ke dasar samudera. Namun, tak banyak yang tahu beberapa fakta menarik yang tersembunyi di balik kemegahan kapal populer tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mengenang tragedi tenggelamnya kapal nahas tersebut, Telegraph, Rabu (15/4/2014), mengungkap beberapa fakta menarik tentang kapal yang hanya mampu berlayar selama lima hari tersebut.

Kapal Terbesar pada Zamannya
Titanic merupakan kapal penumpang terbesar di dunia pada eranya. Memiliki panjang 269 meter, menjadikan Titanic sebagai objek buatan manusia terbesar di Planet Bumi. Kini, rekor tersebut berhasil terpecahkan oleh kapal penumpang MS Allure of The Seas dengan panjangnya mencapai 362 meter.

Butuh 600 Ton Batu Bara per Hari
Untuk menjalankan Titanic, operator kapal raksasa itu menghabiskan sekitar 600 ton batu bara per hari sebagai bahan bakar. Sebanyak 176 orang dipekerjakan secara khusus untuk mengambil batu bara itu dan memasukkannya ke tungku secara manual. Hampir 100 ton abu batubara tersebut dibuang ke laut setiap harinya.

Interior Super Mewah
Interior dalam kapal Titanic terbilang sangat luas dan terinspirasi oleh desain Hotel Ritz, London, Inggris. Titanic juga menyediakan berbagai fasilitas lengkap dan super mewah termasuk gym, kolam renang, pemandian ala Turki, kandang anjing kelas atas, dan lapangan olahraga. Tersedia juga 20.000 botol bir, 1.500 botol anggur, dan 8.000 cerutu yang diperuntukkan bagi penumpang kelas I.

Jumlah Sekoci Sepertiga Total Penumpang
Upaya penyelamatan penumpang Titanic pasca-tertabrak gunung es, menemui banyak kendala. Titanic ternyata hanya memiliki 16 sekoci kayu dan 4 kapal yang hanya cukup menampung 1.178 orang. Jumlah ini hanya dapat menampung sepertiga dari total jumlah penumpang Titanic yang berjumlah 2.224 orang termasuk kru kapal.

Nasib Penumpang Selamat
Salah seorang yang berhasil terselamatkan adalah Millvina Dean yang meninggal dunia 31 Mei 2009 lalu. Ia merupakan penumpang terakhir yang mampu bertahan hidup terlama. Millvina meninggal dunia pada usianya yang menginjak 97 tahun. Saat berlayar dengan kapal Titanic, usianya masih sekitar dua bulan.

Suhu Perairan Atlantik Mencapai -2 Derajat Celsius
Kapal Titanic terbelah menjadi 2 bagian sekitar pukul 02.00 pada tanggal 15 April 1912 dan tenggelam ke Samudera Atlantik. Suhu perairan tersebut kala itu mencapai -2 derajat Celcius sehingga membuat penumpang tak bisa lama bertahan. Beberapa di antara mereka mampu bertahan selama 15 menit di air, sementara satu dari lima penumpang hanya mampu bertahan sebentar dalam dinginnya air laut itu dan akhirnya meninggal dunia karena kedinginan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya