101 Ha Sawah di Kabupaten Madiun Terancam Gagal Panen

Seratusan hektare (ha) sawah di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, terdampak kekeringan pada musim kemarau tahun 2019, sehingga terancam gagal panen. Sebab, sumber air untuk irigasi sawah kian menyusut.

101 Ha Sawah di Kabupaten Madiun Terancam Gagal Panen

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sawah kering saat musim kemarau. (Bisnis-Rahmatullah)

Solopos.com, MADIUN -- Seratusan hektare (ha) sawah di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, terdampak kekeringan pada musim kemarau tahun 2019, sehingga terancam gagal panen. Sebab, sumber air untuk irigasi sawah kian menyusut.

Kabid Hortikultura Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Madiun Sumanto mengatakan total luas lahan pertanian di Madiun mencapai 32.000 hektare. Dari jumlah tersebut, ungkap dia, terdapat lebih dari 101 hektare lahan pertanian mengalami kekeringan

"Potensi kekeringan masih didominasi kawasan lereng Gunung Wilis. Yaitu, Kecamatan Dagangan, Kare, dan Gemarang," ujar Sumanto kepada wartawan di Madiun, Kamis (25/7/2019).

Dia menjelaskan potensi kekeringan lahan pertanian akan semakin meluas selama kemarau berlangsung. Apalagi, musim kemarau belum mencapai puncaknya.

Untuk mengatasi dampak lebih besar, ia mengimbau petani lebih efisien bercocok tanam dan tidak memaksakan tanam padi. Sumanto menyarankan petani bisa menanam tanaman palawija sebagai selingan saat musim kemarau.

Sumanto menerangkan volume air di tiga waduk di Kabupaten Madiun akhir-akhir mulai menyusut hingga di bawah batas zona standar. Sehingga, untuk mengantisipasi kemarau yang bisa saja mundur dari perkiraan, petani diharapkan beralih ke palawija untuk musim tanam selanjutnya (MK II).

Dia menyebut kekeringan terjadi hampir di seluruh daerah di Pulau Jawa. Saat musim kemarau, urai Sumanto, debit penampungan air maupun sumur dalam menyusut. Hal itu karena berkurangnya sumber air yang disebabkan minimnya penghijauan.

"Kekeringan hampir selalu terjadi saat musim kemarau berlangsung, tinggal bagaimana menyikapinya. Saya berharap semua lebih bijak dan bisa membantu penghijauan kembali," kata dia.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Prediksi Puncak Arus Balik Tanggal 16 dan 20 Mei, Kemenhub Tingkatkan Tes Acak

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meningkatkan tes antigen secara acak sebagai salah satu upaya menghadapi puncak arus mudik yang kemungkinan terjadi tanggal 16 dan 20 Mei 2021.

Liburan Jelajahi Tempat Wisata Terbaru di Grobogan

Bagi warga Grobogan, wisata di Jowo Dhuwur View menjadi destinasi pelancong dengan beragam macam wahana hiburan yang bisa dinikmati.

Para Selebritas Mualaf Ini untuk Kali Pertama Rayakan Lebaran

Sejumlah selebritas mualaf ini untuk kali pertama merayakan Lebaran.

Selama Ramadan, 300 PGOT Ditangkap Satpol PP Solo, 2 Eksploitasi Anak

Satpol PP Kota Solo selama Ramadan dan Hari H Lebaran menangkap sebanyak 300 pengemis, gelandangan, dan orang terlantar atau PGOT di Kota Solo.

H+2 Lebaran, Arus Lalu Lintas ke Wisata Kemuning-Tawangmangu Macet Lur!  

Arus kendaraan menuju ke jalur wisata Ngargoyoso dan Tawangmangu pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021) mengalami kenaikan signifikan.

Bagi-Bagi Kupat Jembut di Tradisi Syawalan Khas Semarang

Dalam Bahasa Jawa, kata jembut mungkin memiliki kesan vulgar. Namun jembut di sini rupaya adalah jenis makanan.

Perahu Wisata di Waduk Kedung Ombo Kemusu Boyolali Tenggelam Diduga Kelebihan Muatan

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedung Ombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021) siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Permasalahan Pembayaran THR Banyak Dialami UMKM, Pemerintah Harus Hadir

Pemerintah harus hadir secara langsung untuk menangani masalah pembayaran THR keagamaan bagi perusahaan-perusahaan di segmen UMKM yang tidak mampu melakukan pembayaran sesuai ketentuan.

Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam, 9 Orang Hilang

Sembilan penumpang perahu wisata di Waduk Kedungombo, Kemusu, Boyolali, yang tenggelam, Sabtu (15/5/2021) hilang.

Grebeg Ketupat, Tradisi Perayaan Lebaran Khas Magelang

Indonesia memiliki tradisi Lebaran yang unik di setiap daerah. Salah satunya Tradisi Grebeg Ketupat di Kabupaten Magelang.

Petugas Rutan Solo Temukan Handphone, Diduga Dilempar dari Luar Dinding Rutan

Petugas Rutan Kelas I A Solo kembali menggagalkan percobaan penyelundupan benda terlarang di dalam Rutan Solo

Ribuan Pengunjung Serbu Ndayu Park Sragen di H+2 Lebaran

Ribuan warga berlibur ke objek wisata Ndayu Park Sragen pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).