SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—Sekitar 1.000 kue apem bakal dikirab dalam gelaran Festival Apem Sewu 2011 yang diadakan di Kampung Sewu, Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Solo, Minggu (20/11).

Seksi Acara Panitia Festival Apem Sewu 2011, Tiyo Kustantio mengatakan, kirab tersebut akan melalui rute dengan jarak sekitar tiga kilometer yang dimulai dari Gedung Serba Guna (SBG) Pamrih–Jl Gotong Royong–Jl Juanda–Tanggul–Jl RE Marthadinata–Putat–Tempuran, Beton.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiyo menuturkan, semua apem yang akan dikirab dibuat oleh warga Kelurahan Sewu, Sabtu (19/11). Prosesi pembuatan apem dilangsungkan di Tempuran, Beton, dengan didukung serangkaian acara berupa bazaar (13-20/11) di Jl. Gotong Royong, Kampung Sewu, hiburan berupa musik keroncong, karawitan, tarian dan teater

Ekspedisi Mudik 2024

“Apem-apem tersebut dibuat oleh sembilan kelompok, masing-masing terdiri atas sepuluh orang yang antara lain terdiri dari unsur ibu-ibu PKK dan warga RT/RW masing-masing wilayah RT/RW di Kelurahan Sewu. Sementara dari LPMK juga akan mendukung dengan membuat sekitar 100 kue apem,” terangnya di sela-sela persiapan festival di Tempuran, Beton.

Menurut dia, Festival Apem Sewu digelar dalam rangka melestarikan budaya leluhur dan menumbuhkan daya tarik masyarakat untuk datang ke Kelurahan Sewu. Konon, tempat yang digunakan untuk prosesi apem sewu adalah dermaga Keraton Surakarta yang terletak ditepi Bengawan Solo.(SOLOPOS/JIBI/sry)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya